Pertanyaan

Dapatkah Anda ceritakan hal-hal ajaib yang akan terjadi jika kelajuan maksimum dalam postulat Einstein diganti c = 1 0 − 7 c ?

Dapatkah Anda ceritakan hal-hal ajaib yang akan terjadi jika kelajuan maksimum c dalam postulat Einstein diganti ?

O. Salu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sam Ratulangi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teori relativitas Einstein merujuk pada kerangka acuan inersial yaitu kerangka acuan yang bergerak relatif pada kecepatan konstan (tetap) terhadap kerangka acuan lainnya. Dari hasil kajiannya, Einstein mengemukakan dua postulat, yaitu: Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama pada semua kerangka acuan inersial. Cahaya yang merambat di ruang hampa dengan kecepatan c = 3 × 1 0 8 m/s adalah sama untuk semua pengamat dan tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun kecepatan pengamat. Jika kelajuan maksimumcahaya menjadi lebih kecil dari kelajuan maksimum yang biasanya, maka: pesawat yang membawa astronot bergerak sangat lambat relatif terhadap Bumi. Dari sudut pandang pengamat di Bumi, waktu astronot menjadi cepat. pesawat yang membawa para penjelajah angkasa terlihat seperti memendek bagi para pengamat di Bumi. Sementara, bagi astronot yang ada di dalamnya, semua berjalan normal. Tak ada yang berbeda.

Teori relativitas Einstein merujuk pada kerangka acuan inersial yaitu kerangka acuan yang bergerak relatif pada kecepatan konstan (tetap) terhadap kerangka acuan lainnya. Dari hasil kajiannya, Einstein mengemukakan dua postulat, yaitu:

  1. Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama pada semua kerangka acuan inersial.
  2. Cahaya yang merambat di ruang hampa dengan kecepatan  m/s adalah sama untuk semua pengamat dan tidak bergantung pada gerak sumber cahaya maupun kecepatan pengamat.

Jika kelajuan maksimum cahaya menjadi lebih kecil dari kelajuan maksimum yang biasanya, maka:

  1. pesawat yang membawa astronot bergerak sangat lambat relatif terhadap Bumi. Dari sudut pandang pengamat di Bumi, waktu astronot menjadi cepat.
  2. pesawat yang membawa para penjelajah angkasa terlihat seperti memendek bagi para pengamat di Bumi. Sementara, bagi astronot yang ada di dalamnya, semua berjalan normal. Tak ada yang berbeda.

255

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang astronot berada dalam roket yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas Einstein, ketika astronot tersebut sedang bercermin pada cermin cekung ….

36

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia