Iklan
Pertanyaan
Perhatikan teks berikut ini!
Penelitian metaanalis terbaru yang dikerjakan di Harvard menemukan bahwa konsumsi sedang kopi (3-5 gelas) sehari dapat sedikit menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke. Akan tetapi, berbeda dengan hasil penelitian lain, ada beberapa dampak yang disebabkan oleh konsumsi kopi berlebihan. Dampak buruk tersebut, yaitu pertama, berakibat buruk bagi jantung.
Beberapa studi menyatakan zat kafein yang terkandung di dalam kopi dapat mengganggu aliran darah di arteri koroner saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga serta menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur sehingga meningkatkan tekanan darah.
Dampak positif kopi bagi kesehatan berdasarkan teks tersebut adalah ...
Mengganggu aliran darah
Meningkatkan tekanan darah
Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler
Menyebabkan denyut jantung tidak teratur
Iklan
R. Eka
Master Teacher
Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang
1
3.5 (2 rating)
Iklan
RUANGGURU HQ
Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860
Produk Ruangguru
Bantuan & Panduan
Hubungi Kami
©2026 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia