Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar laut yang menimbulkan ...

Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar laut yang menimbulkan ...
 

  1. gempa laut yang disertai tsunami

  2. hiposentrum menjadi dangkal

  3. perluasan tepi lempeng benua

  4. palung pada tepian benua

  5. aktivitas vulkanisme di dasar laut

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

1) Gerakan divergen Gerakan divergen adalah bentuk gerakan lempeng -lempeng tetonik yang salingmenjauh. Karena gerakan yang menjauh inilah, timbul retakan -retakan yang menjadi jalan keluar magma. Magma ini kemudian mengalir sedikit demi sedikit sampai ke permukaan bumi. Dari magma inilah, dapat muncul pulau -pulau vulkanik baru. 2) Gerakan konvergen Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng -lempeng tektonik yang salingmendekatsehinggga menimbulkan tumbukan antarlempeng. Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua, maka sisi lempeng samudera akan melengkung dan masuk ke bawah lempeng benua. 3) Gerakan sesar mendatar Gerakan sesar mendatar (transform) merupakan gerakan lempeng -lempeng tektonik yang saling bergesekan dengan berlawanan arah. Contohnya seperti pada gesekan Lempeng Samudra Pasifik dengan lempeng daratan Amerika Utara yang membentuk sesar atau patahan San Andreas (San Andreas Fault). Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar laut yang dapat menimbulkan gempa bumi. Jika gempa bumi berasal dari hiposentrum yang dangkal maka akan menimbulkan gempa di sertai dengan tsunami.

1) Gerakan divergen

Gerakan divergen adalah bentuk gerakan lempeng -lempeng tetonik yang saling menjauh. Karena gerakan yang menjauh inilah, timbul retakan -retakan yang menjadi jalan keluar magma. Magma ini kemudian mengalir sedikit demi sedikit sampai ke permukaan bumi. Dari magma inilah, dapat muncul pulau -pulau vulkanik baru.

2) Gerakan konvergen

Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng -lempeng tektonik yang salingmendekat sehinggga menimbulkan tumbukan antarlempeng. Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua, maka sisi lempeng samudera akan melengkung dan masuk ke bawah lempeng benua.

3) Gerakan sesar mendatar

Gerakan sesar mendatar (transform) merupakan gerakan lempeng -lempeng tektonik yang saling bergesekan dengan berlawanan arah. Contohnya seperti pada gesekan Lempeng Samudra Pasifik dengan lempeng daratan Amerika Utara yang membentuk sesar atau patahan San Andreas (San Andreas Fault).

Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar laut yang dapat menimbulkan gempa bumi. Jika gempa bumi berasal dari hiposentrum yang dangkal maka akan menimbulkan gempa di sertai dengan tsunami.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Sheira Chika aviscasari

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar laut yang menimbulkan ...

1

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia