Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dampak negatif pembakaran sempurna senyawa organik adalah ....

Dampak negatif pembakaran sempurna senyawa organik adalah ....space 

  1. merusak lapisan ozon space

  2. membentuk hujan asam space

  3. menyebabkan efek rumah kaca space

  4. menimbulkan kerusakan hati dan ginjal space

  5. menghambat pasokan oksigen ke seluruh tubuh space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Senyawa organik atau disebut juga senyawa karbon merupakan senyawa yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, kecualikarbida, karbonat, dan oksida karbon. Pembakaran sempurna adalah reaksi pembakaran dengan jumlah oksigen yang cukup sehingga menghasilkan gas karbon dioksida ( ). Gas merupakan salah satu gas rumah kaca yang keberadaannya di atmosfer dapat menyebabkan panas bumi terperangkap yang disebut juga dengan efek rumah kaca. Sebenarnya efek rumah kaca sangat bermanfaat untuk kehidupan di bumi karena menjaga sebagian panas agar tetap ada di bumi sehingga manusia, hewan, dan tumbuhan dapatbertahan hidup. Namun, peningkatan gas rumah kaca lama-kelamaanakan menimbulkan dampak negatif seperti pemanasan global, yang berdampak pada iklim yang tidak stabilsehingga pada akhirnya akan menyebabkan bencana alam di berbagai wilayah dunia, sepertimencairnya es di kutub dan gangguan ekologis. Dengan demikian, dampak negatif pembakaran sempurna senyawa organik adalahmenyebabkan efek rumah kaca. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Senyawa organik atau disebut juga senyawa karbon merupakan senyawa yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. Pembakaran sempurna adalah reaksi pembakaran dengan jumlah oksigen yang cukup sehingga menghasilkan gas karbon dioksida (C O subscript 2). Gas C O subscript 2 merupakan salah satu gas rumah kaca yang keberadaannya di atmosfer dapat menyebabkan panas bumi terperangkap yang disebut juga dengan efek rumah kaca. Sebenarnya efek rumah kaca sangat bermanfaat untuk kehidupan di bumi karena menjaga sebagian panas agar tetap ada di bumi sehingga manusia, hewan, dan tumbuhan dapat bertahan hidup. Namun, peningkatan gas rumah kaca lama-kelamaan akan menimbulkan dampak negatif seperti pemanasan global, yang berdampak pada iklim yang tidak stabil sehingga pada akhirnya akan menyebabkan bencana alam di berbagai wilayah dunia, seperti mencairnya es di kutub dan gangguan ekologis.

Dengan demikian, dampak negatif pembakaran sempurna senyawa organik adalah menyebabkan efek rumah kaca.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur karbon terdapat dalam tiga bentuk, salah satunya bentuk amorf. Unsur karbon di bawah ini yang bukan bentuk amorf adalah ....

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia