Roboguru

Dalam suatu wadah tertutup, reaksi berikut berada dalam keadaan setimbang.   Tentukan arah pergeseran kesetimbangan tersebut apabila: a.   sejumlah  ditambahkan!

Pertanyaan

Dalam suatu wadah tertutup, reaksi berikut berada dalam keadaan setimbang.


begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 open parentheses italic s close parentheses left right arrow Ca O open parentheses italic s close parentheses and C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses end style 


Tentukan arah pergeseran kesetimbangan tersebut apabila:

a.   sejumlah begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ditambahkan!space space space

Pembahasan Soal:

Dalam suatu reaksi kimia, terdapat prinsip/asas Le Chatelier, biasa dikenal sebagai "Hukum Kesetimbangan", biasanya digunakan untuk memprediksi efek perubahan di dalam kondisi pada kesetimbangan kimia. Bunyi asas Le Chatelier adalah:

Ketika suatu sistem pada kesetimbangan mengalami perubahan konsentrasi, suhu, volume, atau tekanan, maka sistem menyesuaikan (sebagian) dirinya untuk meniadakan pengaruh perubahan yang diterapkan dan keseimbangan baru tercapai.

Penambahan konsentrasi suatu zat akan menggeser arah reaksi dari arah zat tersebut. Jika sejumlah begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ditambahkan, reaksi akan bergeser dari arah produk menuju reaktan untuk tercapai kesetimbangan reaksi kimia yang baru.

Jadi, reaksi akan bergeser ke arah reaktan jika sejumlah begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style ditambahkan.space space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved