Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam suatu percobaan pertumbuhan tanaman didapatkan data sebagai berikut. Buatlah grafik pertumbuhan berdasarkan data dalam tabel.

Dalam suatu percobaan pertumbuhan tanaman didapatkan data sebagai berikut.

Buatlah grafik pertumbuhan berdasarkan data dalam tabel. 

  1. . . . .undefined 

  2. . . . .undefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Grafik pertumbuhan dapat dibuat dengan memperhatikanvariabel bebas, variabel terikat dan data hasil percobaan yang tertera di dalam tabel. Variabel bebas (hal yang mempengaruhi): intensitas cahaya (tempat terang dan tempat gelap) Variabel terikat (hal yang dipengaruhi): panjang kecambah dari hari pertama hingga kedelapan Berikut adalah grafik pertumbuhan kecambah sesuai dengan data tersebut: Biji belum berkecambah pada hari pertama pertumbuhan. Tahap ini merupakan tahap awal pertumbuhan tanaman yang ditandai dengan pertumbuhan yang lambat. Pada hari ke-2 biji sudah mulai berkecambah dan pertambahan panjangnya pun berangsur-angsur lebih cepat dari hari ke hari hingga mencapai puncaknya yaitu pada hari ke-7 (pertambahan panjang kecambah sebanyak 1,2 cm di tempat terang dan 1,5 cm di tempat gelap). Hari ke-2 hingga hari ke-7 merupakan fase vegetatif tanaman kecambah yang diamati. Panjang kecambah pada hari ke-8 hanya bertambah 0,8 cm di tempat terang dan 0,9 cm di tempat gelap. Hal ini menunjukan adanya penurunan laju pertumbuhan dari hari ke-7. Tanaman kecambah pada hari ke-8 sudah mulai memasuki fase senesen yaitu ketika laju pertumbuhan menurun. Jadi, grafik pertumbuhan kecambah di atas menunjukkan adanya 3 fase pertumbuhan yang dialami oleh tanaman ini, yaitu: fase awal pertumbuhan, fase vegetatif dan fase senesen.

Grafik pertumbuhan dapat dibuat dengan memperhatikan variabel bebas, variabel terikat  dan data hasil percobaan yang tertera di dalam tabel. 

  1. Variabel bebas (hal yang mempengaruhi): intensitas cahaya (tempat terang dan tempat gelap)
  2. Variabel terikat (hal yang dipengaruhi): panjang kecambah dari hari pertama hingga kedelapan

Berikut adalah grafik pertumbuhan kecambah sesuai dengan data tersebut:

Biji belum berkecambah pada hari pertama pertumbuhan. Tahap ini merupakan tahap awal pertumbuhan tanaman yang ditandai dengan pertumbuhan yang lambat. Pada hari ke-2 biji sudah mulai berkecambah dan pertambahan panjangnya pun berangsur-angsur lebih cepat dari hari ke hari hingga mencapai puncaknya yaitu pada hari ke-7 (pertambahan panjang kecambah sebanyak 1,2 cm di tempat terang dan 1,5 cm di tempat gelap). Hari ke-2 hingga hari ke-7 merupakan fase vegetatif tanaman kecambah yang diamati. Panjang kecambah pada hari ke-8 hanya bertambah 0,8 cm di tempat terang dan 0,9 cm di tempat gelap. Hal ini menunjukan adanya penurunan laju pertumbuhan dari hari ke-7. Tanaman kecambah pada hari ke-8 sudah mulai memasuki fase senesen yaitu ketika laju pertumbuhan menurun.

Jadi, grafik pertumbuhan kecambah di atas menunjukkan adanya 3 fase pertumbuhan yang dialami oleh tanaman ini, yaitu: fase awal pertumbuhan, fase vegetatif dan fase senesen.
 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Ariana

Pembahasan lengkap banget

Wenni Werina Faurika Selian

Bantu banget Makasih ❤️

Ronaldi Sinaga

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data pertumbuhan tinggi batang kacang hijau selama 12 hari berturut-turut berikut ini! Tahapan pertumbuhan yang tepat berdasarkan data penelitian tersebut adalah ….

32

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia