Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan bagan berikut!
  space

Dalam suatu keluarga telah terjadi konflik internal. Konflik utama terjadi antara ibu dan anak. Ibu menginginkan anak perempuannya menunda pernikahan karena sang anak masih berstatus sebagai mahasiswa dan berusia muda. Keputusan tersebut didukung oleh ayah, bibi, dan saudara laki-laki. Analisislah peta konflik di atas!

Dalam suatu keluarga telah terjadi konflik internal. Konflik utama terjadi antara ibu dan anak. Ibu menginginkan anak perempuannya  menunda pernikahan karena sang anak masih berstatus sebagai mahasiswa dan berusia muda. Keputusan tersebut didukung oleh ayah, bibi, dan saudara laki-laki.
Analisislah peta konflik di atas! space

  1. ... space

  2. ... space

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan peta konflik di atas, dapat kita lihat bersama munculnya konflik internal dalam keluarga disebabkan karena pihak B yaitu Ibu tidak setuju dengan keinginan sang putri yang ingin menikah muda karena alasan masih berkuliah. Kondisi konflik di atas semakin panas ketika pihak B (ayahdan saudara laki-laki) dan pihak C (Bibi) mendukung keputusan pihak B (Ibu) sehingga memunculkan suatu kondisi aliansi di mana pihak A (anak perempuan) akan merasa terasingkan dari keluarga dekatnya karena keinginannya tidak disetujui oleh anggota keluarganya dan tidak ada pihak yang mendukungnya.

Berdasarkan peta konflik di atas, dapat kita lihat bersama munculnya konflik internal dalam keluarga disebabkan karena pihak B yaitu Ibu tidak setuju dengan keinginan sang putri yang ingin menikah muda karena alasan masih berkuliah. Kondisi konflik di atas semakin panas ketika pihak B (ayah dan saudara laki-laki) dan pihak C (Bibi) mendukung keputusan pihak B (Ibu) sehingga memunculkan suatu kondisi aliansi di mana pihak A (anak perempuan) akan merasa terasingkan dari keluarga dekatnya karena keinginannya tidak disetujui oleh anggota keluarganya dan tidak ada pihak yang mendukungnya. space

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut faktor demografi yang menyebabkan terjadinya konflik sosial, kecuali ....

826

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia