Pertanyaan

Bacalah kutipan kritik sastra berikut ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 25 s.d. 29!


(1) Cara Mangunwijaya melihat sosok perempuan ini dituangkan ke dalam novel-novelnya. (2) Hal-hal yang dapat diungkapkan oleh Mangunwijaya tentang tokoh-tokoh perempuan dapat dilihat dari penampilan Roro Mendut, Genduk Duku dan Lusi Lindri. (3) Mereka sebagai kelas bawah harus patuh terhadap penguasa. (4) Ketika Adipati Pragolo adipati wilayah Pati, memberontak terhadap Raja Mataram, ia terkalahkan oleh Panglima Mataram. (5) Roro Mendut, calon selir Adipati Pragolo, akhirnya ikut serta menjadi putri boyongan. (6) Ia tidak bisa menolak, demikian juga Genduk Duku, seorang dayang yang selalu mendampingi Mendut. (7) Dengan berat hati dan jiwa yang memberontak, Mendut dan Duku ikut terboyong ke Mataram.space  


Sumber: Jendela Kritik Sastra, dengan pengubahan

Dalam sistematika kritik sastra, paragraf tersebut termasuk bagian ....

Dalam sistematika kritik sastra, paragraf tersebut termasuk bagian ....  

  1. pengenalan isuundefined  

  2. tinjauan karya sastraundefined  

  3. pembahasanundefined  

  4. rekomendasiundefined  

  5. penilaianundefined  

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

Pembahasan

Kritik sastra adalah telaah terhadap suatu karya sastra yang bersifat menghakimi karya sastra orang lain, dengan cara menilai baik dan buruknya suatu karya sastra, membandingkan, serta mencari kesalahan karya sastra yang dihadapi melalui pemahaman yang objektif. Salah satu sistematika kritik sastra adalah pembahasan atau pemaparan argumen. Bagian ini berisi analisis unsur-unsur karya sastra berdasarkan sudut pandang dan interpretasi terhadap karya tersebut, juga dikemukakan fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis. Pada kutipan kritik sastra tersebut membahas cara Mangunwijaya melihat sosok perempuan yang dituangkan ke dalam novel-novelnyaberdasarkan sudut pandang dan interpretasi terhadap novel tersebut dengan disertai fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Kritik sastra adalah telaah terhadap suatu karya sastra yang bersifat menghakimi karya sastra orang lain, dengan cara menilai baik dan buruknya suatu karya sastra, membandingkan, serta mencari kesalahan karya sastra yang dihadapi melalui pemahaman yang objektif.

Salah satu sistematika kritik sastra adalah pembahasan atau pemaparan argumen. Bagian ini berisi analisis unsur-unsur karya sastra berdasarkan sudut pandang dan interpretasi terhadap karya tersebut, juga dikemukakan fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis.

Pada kutipan kritik sastra tersebut membahas cara Mangunwijaya melihat sosok perempuan yang dituangkan ke dalam novel-novelnya berdasarkan sudut pandang dan interpretasi terhadap novel tersebut dengan disertai fakta-fakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

19

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Astuti Rahayu bercerita tentang cinta asmara muda-mudi. Pengalaman manusia yang penuh gelombang pasang surut, kegembiraan, dan kepedihan dalam waktu yang tak menentu. Pengalaman manusia mempertaruhkan...

787

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia