Roboguru

Dalam rangka melakukan perbaikan ekonomi, pemerintah mengeluarkan Deklarasi Ekonomi. Deklarasi Ekonomi dibuat oleh Panitia Tiga Belas. Salah satu tokoh dalam panitia tersebut adalah Ali Sastroamidjojo yang berasal dari partai ....

Pertanyaan

Dalam rangka melakukan perbaikan ekonomi, pemerintah mengeluarkan Deklarasi Ekonomi. Deklarasi Ekonomi dibuat oleh Panitia Tiga Belas. Salah satu tokoh dalam panitia tersebut adalah Ali Sastroamidjojo yang berasal dari partai ....undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk memperbaiki kondisi perekonomian,pemerintah membentuk Panitia Tiga Belas. Panitia ini terdiri atas ahli ekonomi, ahli politik, anggota Musyawarah Pembantu Pimpinan Revolusi (MPPR), anggota DPR, dan anggota DPA. Dua tokoh terkemuka yang tergabung dalam Panitia Tiga Belas adalah D.N. Aidit (PKI) dan Ali Sastroamidjojo (PNI). Panitia Tiga Belas menghasilkan konsep yang kemudian disebut Deklarasi Ekonomi (Dekon).

Dengan demikian Ali Sastroamidjojo yang berasal dari PNI.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pelaksanaan ekonomi dalam demokrasi terpimpin dilaksanakan kebijakan ekonomi agar supaya kondisi ekonomi lebih baik, kebijakan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada masa demokrasi terpimpin, kondisi perekonomian bangsa Indonesia mengalami kemunduran serta krisis. Hal tersebut menyebabkan pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk memperbaiki perekonomian nasional. Kebijakan tersebut diantaranya ada kebijakan sanering dan Deklarasi Ekonomi (Dekon). Kebijakan sanering merupakan kebijakan yang bertujuan untuk mengurangi mata uang yang beredar demi perbaikan keuangan dan perekonomian negara. Dalam implementasinya, uang kertas pecahan Rp. 500,00 dan Rp. 1.000,00 yang ada dalam peredaran saat itu diturunkan nilainya menjadi Rp. 50,00 dan Rp. 100,00. Selanjutnya, tujuan dibentuknya Dekon adalah untuk menciptakan ekonomi yang bersifat nasional, demokratis, dan bebas dari imperialisme. Namun dalam perkembangannya, Dekon tidak mampu mengatasi kesulitan ekonomi dan masalah inflasi, Dekon justru mengakibatkan perekonomian Indonesia stagnan.

Dengan demikian, kebijakan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin adalah sanering dan Dekon.

Roboguru

Kebijakan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, adalah ...

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah Indonesia yang didasarkan pada sistem pemerintahan dan ketatanegaraan, pernah memasuki periode Orde Lama. Orde Lama merujuk pada sejarah politik Indonesia di bawah pemerintahan Sukarno yang berlangsung sejak dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai dengan tahun 1965, pasca Peristiwa Gerakan 30 September. 

Sukarno yang berhasil menjadikan dirinya sebagai pusat dari kekuasaan pasca keluarnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 memberikan kekuasaan kepada dirinya untuk menerapkan berbagai kebijakan dalam politik dan ekonomi yang dicita-citakannya. Dalam bidang politik misalnya, Orde Lama menerapkan The New Emerging Forces (Nefos), adapun lawan dari yang Sukarno sebut nefos tersebut terdiri dari negara-negara yang menentang kemajuan negara berkembang disebut sebagai The Old Established Forces (Oldefos). Kemudian secara formal pemerintahan Orde Lama menyerukan konfrontasi terhadap negara yang dianggap neo-kolonialisme, seperti Malaysia. Selain itu, terdapat pula Politik Mercusuar yang berarti upaya untuk mendapat perhatian luar negeri dengan membangun berbagai infrastruktur super seperti Gelora Bung Karno, Hotel Indonesia, dan yang sekarang menjadi Gedung DPR/MPR.

Dalam bidang ekonomi, beberapa kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Orde Lama di antaranya:

  • pembentukan Bappenas (Badan Perancang Pembangunan Nasional), yang bertugas mengawasi dan menilai kinerja pembangunan,
  • penurunan nilai mata uang (devaluasi), misal uang kertas 500 menjadi 50 rupiah, dan
  • pembentukan Deklarasi Ekonomi (Dekon) pada 28 Maret 1963, bertugas untuk menciptakan stabilitas ekonomi nasional, demokratis dan terbebas dari sisa ekonomi imperialis dan kolonialisme.

Jadi, penerapan kebijakan politik pada masa Orde Lama adalah pembentukan Nefos dan Oldefos, menolak neo-kolonialisme, dan Politik Mercusuar. Sedangkan di bidang ekonomi adalah pembentukan Bappenas, devaluasi mata uang, dan pembentukan Dekon.

Roboguru

Deklarasi Ekonomi (Dekon) merupakan salah satu upaya pemerintah memperbaiki per­ekonomian pada masa Demokrasi Terpimpin. Prioritas utama Deklarasi Ekonomi ditunjukkan oleh pilihan ....

Pembahasan Soal:

Deklarasi Ekonomi (Dekon) merupakan strategi dasar ekonomi Indonesia dalam rangka pelaksanaan Ekonomi Terpimpin. Deklarasi Ekonomi pada dasarnya memperhatikan berbagai prioritas perekonomian sebagai berikut; mendorong usaha swasta, memperbesar perolehan devisa dan memberikan insentif kepada pengusaha swasta yang berhasil menaikkan nilai ekspor dan impor.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin juga diterapkan oleh negara Korea Utara, Kuba, Vietnam,  dan Tiongkok. Tuliskan lima kelebihan sistem ekonomi tersebut!

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin memiliki kelebihan, yaitu:

  1. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya.
  2. Pasar barang dalam negeri berjalan lancar.
  3. Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga.
  4. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan.
  5. Jarang terjadi krisis ekonomi.

Dengan demikian, kelebihan sistem ekonomi terpimpin adalah hadirnya pemerintah sehingga dapat mengatasi masalah-masalah perekonomian.

Roboguru

No X 1. 2. 3. Membentuk Bappenas Mengeluarkan Deklarasi Ekonomi Mencari pinjaman dari IMF No Y 1. 2. 3. ...

Pembahasan Soal:

Kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin yaitu membentuk Bappenas (pada awalnya bernama Dapernas), devaluasi mata uang, menekan laju inflasi, deklarasi ekonomi dan dana revolusi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved