Roboguru

Dalam proses fotosintesis, CO2 bereaksi dengan air menghasilkan... .

Pertanyaan

Dalam proses fotosintesis, CO2 bereaksi dengan air menghasilkan... .

  1. O2 dan glukosa

  2. H2O dan glukosa

  3. COH dan glukosa

  4. C6H12O6 dan glukosa

  5. H2O dan COH

Pembahasan Soal:

Fotosintesis merupakan proses pembuatan zat makanan dari gas karbondioksida dan air dengan bantuan energi cahaya matahari pada organisme autotrof yang memiliki klorofil seperti tumbuhan dan ganggang. Zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis adalah glukosa (C6H12O6). Glukosa merupakan sumber energi bagi seluruh makhluk hidup. Selain itu, proses fotosintesis juga menghasilkan gas oksigen (O2) yang diperlukan sebagian besar makhluk hidup untuk bernapas. Persamaan reaksi fotosintesis adalah sebagai berikut.

6 CO2 + 6 H2O +cahaya →  C6H12O6 + 6 O2

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar dibawah ini !   Tempat terjadinya reaksi gelap ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Reaksi gelap disebut juga dengan siklus calvin. Reaksi gelap terjadi didalam stroma atau cairan kloroplas. Pada gambar disoal yang merupakan bagian stroma adalah bagian nomor 4 karena menunjukkan cairan pada kloroplas tersebut. Sedangkan bagian lain adalah nomor 1 adalah tilakoid, nomor 2 ruang intermebran, nomor 3 grana, nomor 5 lamella stroma, nomor 6 intermembran dan nomor 7 adalah membran luar. Dengan demikian jawaban adalah A.

0

Roboguru

Gambarkan bagaimana hubungan antara peristiwa fotosintesis dan respirasi aerob!

Pembahasan Soal:

Fotosintesis merupakan proses penyusunan molekul kompleks (karbohidrat) dari molekul sederhana dengan menggunakan energi cahaya, terutama dari energi cahaya matahari. Respirasi aerob adalah proses penguraian atau perombakan molekul kompleks secara kimia yang berlangsung dengan adanya oksigen dan menghasilkan energi. Jika dibuat bagan keduanya sebagai berikut:

Fotosintesisbegin mathsize 11px style rightwards arrow from A n a b o l i s m e to P e n y u s u n a n of end style Karbohidrat begin mathsize 11px style leftwards arrow from K a t a b o l i s m e to P e n g u r a i a n of end style Respirasi Aerob

Pada fotosintesis memiliki hasil akhir oksigen, yang nantinya diperlukan untuk respirasi aerob. Selain melakukan fotosintesis, tumbuhan juga melakukan respirasi aerob sebagaimana organisme lain. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan grafik tersebut, jawablah pertanyaan berikut! Jelaskan perbedaan antara ketiga grafik tersebut!

Pembahasan Soal:

Perbedaan grafik tersebut terletak pada pola grafik pengaruh suatu faktor tertentu terhadap laju fotosintesis. Pada grafik suhu, kenaikan suhu akan meningkatkan aktivitas fotosintesis. Namun, jika suhu melebihi batas optimum, maka laju fotosintesis akan menurun. Sedangkan pada grafik intensitas cahaya dan konsentrasi CO2, laju fotosintesis akan meningkat sampai titik tertentu seiring dengan peningkatan intensitas cahaya dan konsentrasi CO2. Namun, ketika sudah mencapai titik tertentu, laju fotosintesis akan konstan.

Dengan demikian, faktor intensitas cahaya dan konsentrasi CO2 memiliki pola pengaruh yang mirip terhadap laju fotosintesis, sedangkan faktor suhu memiliki pola pengaruh yang berbeda terhadap laju fotosintesis dibandingkan dengan faktor intensitas cahaya atau CO2. 

0

Roboguru

Perhatikan tabel dibawah ini! Tujuan dari langkah-langkah percobaan Sachs yang benar adalah....

Pembahasan Soal:

Pada percobaan Sachs, daun yang diambil untuk diuji diberikan tiga perlakuan. Perlakuan pertama direbus dalam air panas yang berfungsi mematikan selnya. Kedua adalah dimasukkan ke dalam alkohol untuk dilarutkan klorofilnya. Sedangkan yang ketiga adalah pemberian iodin untuk mengetahui ada tidaknya amilum hasil fotosintesis pada daun tersebut.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Sebutkan struktur dan sifat ADN!

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved