Roboguru

Pertanyaan

Dalam Prasasti Tugu dinyatakan bahwa Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya untuk membuat sebuah saluran sepanjang 6.112 tombak. Pembangunan saluran tersebut mempunyai arti ekonomis yang besar bagi masyarakat Kerajaan Tarumanegara. Mengapa pembangunan saluran tersebut mempunyai arti ekonomis?

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembangunan saluran air Gomati mempunyai arti ekonomis yang besar bagi masyarakat Kerajaan Tarumanegara karena digunakan sebagai sarana perhubungan transportasi air untuk perdagangan dan untuk irigasi lahan pertanian.

Pembahasan

Prasasti Tugu ditemukan di desa Tugu, Cilincing, Jakarta. lsi Prasasti Tugu adalah tentang penggalian sebuah saluran air Gomati sepanjang 6.112 tombak atau kurang lebih 11 km. Penggalian tersebut dilakukan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman. Penggalian dilakukan selama 21 hari dan setelah selesai kemudian diadakan selamatan dengan memberikan 1.000 ekor sapi kepada para brahmana. Penggalian saluran air tersebut bernilai ekonomis karena digunakan sebagai sarana perhubungan transportasi air untuk perdagangan dan untuk irigasi lahan pertanian.

Dengan demikian, pembangunan saluran air Gomati mempunyai arti ekonomis yang besar bagi masyarakat Kerajaan Tarumanegara karena digunakan sebagai sarana perhubungan transportasi air untuk perdagangan dan untuk irigasi lahan pertanian.

1rb+

5.0 (1 rating)

Annabiila

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Dikenalnya sistem irigasi oleh masyarakat Kerajaan Tarumanegara dibuktikan oleh Prasasti Tugu yang berisi ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia