Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!


Waduk cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di kabupaten tegal, tepatnya berada di kecamatan kedungbateng. waduk tersebut diresmikan oleh presiden Soekarno tahun 1952, Seiring kemajuan zaman, waduk tersebut difungsikan sebagai tempat wisata.space 

Dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan ejaan. Tulislah paragraf tersebut dengan ejaan yang benar!

Dalam paragraf tersebut terdapat kesalahan ejaan. Tulislah paragraf tersebut dengan ejaan yang benar!space 

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Untuk mengetahui penggunaan ejaan yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu kaidah penggunaan huruf kapital dan tanda titik berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia karena pada paragraf tersebut, banyak penggunaan huruf kapital dan tanda titik yang masih belum tepat. Beberapa kaidah penggunaan huruf kapital dan tanda titik: Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Tanda titik dipakai pada akhir kalimat pernyataan. Pada paragraf tersebut terdapat kalimat: "Waduk cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di kabupaten tegal, tepatnya berada di kecamatan kedungbateng." Perbaikan yang tepat, “Waduk Cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Kecamatan Kedungbateng.” "waduk tersebut diresmikan oleh presiden Soekarno tahun 1952," Perbaikan yang tepat, “Waduk tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1952.” Dengan demikian, penulisan paragraf tersebut dengan ejaan yang benar: “Waduk Cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Kecamatan Kedungbateng. Waduk tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1952. Seiring kemajuan zaman, waduk tersebut difungsikan sebagai tempat wisata.”

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. 

Untuk mengetahui penggunaan ejaan yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu kaidah penggunaan huruf kapital dan tanda titik berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia karena pada paragraf tersebut, banyak penggunaan huruf kapital dan tanda titik yang masih belum tepat.

Beberapa kaidah penggunaan huruf kapital dan tanda titik:

  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi.
  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat. 
  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.
  • Tanda titik dipakai pada akhir kalimat pernyataan.

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat:

  • "Waduk cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di kabupaten tegal, tepatnya berada di kecamatan kedungbateng."

Perbaikan yang tepat, “Waduk Cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Kecamatan Kedungbateng.”

  • "waduk tersebut diresmikan oleh presiden Soekarno tahun 1952,"

Perbaikan yang tepat, “Waduk tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1952.”

 

Dengan demikian, penulisan paragraf tersebut dengan ejaan yang benar:
“Waduk Cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Kecamatan Kedungbateng. Waduk tersebut diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1952. Seiring kemajuan zaman, waduk tersebut difungsikan sebagai tempat wisata.”
space 

97

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Selepas kebanjiran, warga yang tinggal di tepi kali madiun mulai membenahi tempat tinggalnya. Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....

71

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia