Roboguru

<!--td {border: 1px solid #ccc;}br {mso-data-placement:same-cell;}--> Dalam menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, pasukan TNI mengalami kesulitan karena...

Dalam menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, pasukan TNI mengalami kesulitan karena...undefined 

Jawaban:

Pemberontakan DI/TII di wilayah Jawa Barat membawa bahaya tersendiri bagi pemerintah Republik Indonesia. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan pusat pemerintahan di Jakarta, medan perang yang sulit karena berbentuk hutan dan gunung serta dukungan rakyat setempat pada kaum pemberontak membuat TNI kesulitan dalam meredam pemberontakan ini secara militer. Untuk mengakomodasi kesulitan - kesulitan tersebut, TNI mengadopsi taktik baru yaitu menggunakan strategi pagar betis dengan memanfaatkan partisipasi warga yang telah diedukasi tentang bahaya DI/TII terhadap kesatuan bangsa Indonesia. Seiring dengan makin berkurangnya dukungan masyarakat, serta wilayah operasinya yang makin terbatas akibat kepungan pasukan TNI di berbagai tempat, pemberontakan ini akhirnya berhasil ditumpas.


Dengan demikian, kesulitan yang dialami TNI dalam menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, disebabkan oleh sulitnya medan tempur dan tidak kooperatifnya warga setempat dengan prajurit TNI pada masa - masa awal operasi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved