Pertanyaan

Dalam melakukan fusi sel melalui teknik hibridoma diperlukan beberapa komponen. Komponen yang berperan dalam menyeleksi sel-sel yang berhasil berfusi atau membentuk sel hibridoma adalah…

Dalam melakukan fusi sel melalui teknik hibridoma diperlukan beberapa komponen. Komponen yang berperan dalam menyeleksi sel-sel yang berhasil berfusi atau membentuk sel hibridoma adalah…space 

  1. Antigenspace 

  2. Sel mielomaspace 

  3. Sel sumber genspace 

  4. Medium HATspace 

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Medium Hypoxanthine Aminopterine Thymidine (HAT) merupakan medium yang digunakan untuk menyeleksi sel-sel yang berhasil berfusi atau membentuk sel hibridoma. Hal ini dikarenakan pada medium HAT hanya sel-sel hibridoma lah yang dapat bertahan. Selain medium HAT dalam teknik hibridoma diperlukan beberapa komponen lain seperti antigen, sel mieloma, sel sumber gen, serta zat fusi gen yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Adapun fungsi dari komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut : Antigen : merupakan zat atau benda asing yang merangsang respon imun, terutama untuk menghasilkan antibodi. Sel mieloma : merupakan sel kanker yang digunakan dalam teknik hibridoma karena memiliki kemampuan reproduksi atau membelah yang tinggi dan cepat, seperti halnya sifat sel kanker pada umumnya. Sel sumber gen : merupakan sel-sel yang memiliki sifat yang diinginkan Zat fusi gen : merupakan zat-zat yang dapat memicu dan mempercepat terjadinya proses fusi sel atau peleburan sel. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Medium Hypoxanthine Aminopterine Thymidine (HAT) merupakan medium yang digunakan untuk menyeleksi sel-sel yang berhasil berfusi atau membentuk sel hibridoma. Hal ini dikarenakan pada medium HAT hanya sel-sel hibridoma lah yang dapat bertahan. Selain medium HAT dalam teknik hibridoma diperlukan beberapa komponen lain seperti antigen, sel mieloma, sel sumber gen, serta zat fusi gen yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Adapun fungsi dari komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut :

  • Antigen : merupakan zat atau benda asing yang merangsang respon imun, terutama untuk menghasilkan antibodi.
  • Sel mieloma : merupakan sel kanker yang digunakan dalam teknik hibridoma karena memiliki kemampuan reproduksi atau membelah yang tinggi dan cepat, seperti halnya sifat sel kanker pada umumnya.
  • Sel sumber gen : merupakan sel-sel yang memiliki sifat yang diinginkan
  • Zat fusi gen : merupakan zat-zat yang dapat memicu dan mempercepat terjadinya proses fusi sel atau peleburan sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

143

Iklan

Pertanyaan serupa

Penyatuan atau fusi dua sel dari organisme yang sama ataupun berbeda, untuk menghasilkan sel hibrid yang memiliki sifat kedua sel dinamakan…..

81

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia