Roboguru

Dalam kutipan di atas, penyusun resensi menitik be...

Dalam kutipan di atas, penyusun resensi menitik beratkan kupasannya pada … space

  1. isi buku space

  2. kelemahan buku space 

  3. wajah buku space 

  4. sumber tulisan yang diresensi space 

  5. cara pengarang mengutamakan gagasan 

Jawaban:

    Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya, berupa buku, karya seni film dan drama. Resensi bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan buku, memberikan gambaran kepada pembaca secara ringkas, memberikan masukan kepada penulis, menguji kualitas buku, dan mengetahui latar belakang buku diterbitkan. Unsur yang harus ada di resensi adalah:

  • Judul. Judul semestinya harus mempunyai kesinambungan dengan isi resensi. Selain itu, judul yang menarik juga akan memberikan nilai lebih tersendiri.
  • Identitas buku. Identitas buku terdiri dari Judul buku, Pengarang, Penerbit, Tahun terbit beserta cetakannya, Dimensi buku, dan Harga buku
  • Isi resensi buku. Bagian ini berisi tentang sinopsis, yaitu ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.
  • Penutup resensi buku. Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

    Dalam kutipan tersebut, penyusun resensi menitikberatkan ulasannya pada isi buku. Hal tersebut tergambar dari komentarnya tentang isi Horison.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined
 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved