Roboguru

Dalam hal status sosial pada Kesultanan Samudera Pasai, ada beberapa masyarakat saat itu yang bekerja sebagai punakawan. Yang dimaksud dengan punakawan adalah….

Pertanyaan

Dalam hal status sosial pada Kesultanan Samudera Pasai, ada beberapa masyarakat saat itu yang bekerja sebagai punakawan. Yang dimaksud dengan punakawan adalah….

  1. Pembantu yang bekerja di lingkungan istana

  2. Penasihat sultan terkait kebijakan yang berhubungan dengan pemerintahan

  3. Tabib istana yang ditugaskan khusus untuk sultan

  4. Penglima perang tertinggi dalam struktur militer Samudera Pasai

  5. Pegawai pemerintah yang bekerja di bawah menteri

Pembahasan Soal:

Dalam hal status sosial, ada beberapa masyarakat Samudera Pasai yang bekerja sebagai punakawan. Punakawan merupakan pembantu yang bekerja di lingkungan istana. Diantara para Punakawan terdapat spesialisasi yang telah ditentukan seperti inang, yaitu orang yang merawat atau menyusui anak majikannya, selanjutnya ada pengasuh yaitu orang yang menjaga dan mendidik anak majikannya, selain itu ada dayang yang merupakan pelayan istana, dan biti perwara yaitu para pengiring rakyat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 09 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Profesi di lingkungan Kesultanan Samudra Pasai yang bertugas merawat dan menyusui anak majikan disebut...

Pembahasan Soal:

Dalam hal status sosial, ada beberapa masyarakat yang berprofesi atau bekerja sebagai punakawan. Punakawan merupakan pembantu yang bekerja di lingkungan istana. Di antara para punakawan terdapat spesialisasi yang telah ditentukan seperti inang, yaitu orang yang merawat atau menyusui anak majikannya, selanjutnya ada pengasuh yaitu orang yang menjaga dan mendidik anak majikannya, selain itu ada dayang yang merupakan pelayan istana, dan biti perwara yaitu para pengiring rakyat.

0

Roboguru

Keadaan masyarakat Samudera Pasai dapat diketahui dari adanya catatan perjalanan yang ditulis oleh ...

Pembahasan Soal:

Kehadiran Kesultanan Samudera Pasai pada abad ke-13 masehi, sebagai salah satu Kesultanan Islam yang mula-mula muncul di Nusantara, disebabkan salah satunya oleh interaksi dari aktivitas perdagangan dunia yang melibatkan para pedagang lintas wilayah, lintas agama dan lintas kebudayaan. Berdirinya Kesultanan Samudera Pasai, juga dapat dibuktikan dengan catatan perjalanan para pedagang, atau para penjelajah yang baik sengaja atau pun tidak sengaja, sempat singgah dan menuliskannya.
Adapun beberapa catatan perjalanan yang memberikan gambaran tentang Samudera Pasai adalah, catatan Marco Polo pada tahun 1292 masehi. Dalam catatannya, Marco Polo mendeksripsikan keadaan Samudera Pasai yang memiliki komoditas perdagangan yang berharga, seperti kapur barus. 
Selain Marco Polo, berita lain datang dari catatan perjalanan Ibnu Battuta berjudul Ar-Rihlah pada tahun 1345 masehi. Dalam catatannya, ia terkagum dengan kepemimpinan Sultan Malik Az-Zahir, sultan yang membawa masa kejayaan Samudera Pasai, ia pun menggambarkan keadaan Samudera Pasai yang elok, megah dan hijau. Aktivitas perdagangan pada masa itu pun merupakan puncaknya, ramai, maju dan telah menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran.

Dengan memahami keterangan di atas, opsi jawaban benar adalah D.

1

Roboguru

Salah satu profesi yang pernah ada dalam masyarakat Samudra Pasai adalah...

Pembahasan Soal:

Dalam hal status sosial, ada beberapa masyarakat saat itu bekerja sebagai punakawan. Punakawan merupakan pembantu yang bekerja di lingkungan istana.

0

Roboguru

Golongan masyarakat Samudra Pasai yang berperan sebagai pembantu di lingkungan istana disebut….

Pembahasan Soal:

Golongan masyarakat Samudra Pasai yang berperan sebagai pembantu di lingkungan istana disebut punakawan. Punakawan terdiri dari inang, pengasuh, dayang, dan biti perwara. Inang yaitu orang yang merawat anak majikan. Pengasuh yaitu penjaga dan pendidik anak. Dayang yaitu pelayan istana. Biti perwara yaitu para pengiring raja.

0

Roboguru

Kerajaan Samudra Pasai dan Dinasti Mamluk memiliki hubungan yang cukup erat karena....

Pembahasan Soal:

Menurut Slamet Mulayana, Kerajaan Samudra Pasai berdiri berawal dari keberhasilan Nazimuddin Al Kamil menguasai wilayah subur yang kemudian dikenal dengan nama Pasai. Nazimuddin Al Kamil adalah seorang Laksamana Laut dari Dinasti Fathimiah di Mesir, beliau kemudian mendirikan Kerajaan Pasai pada tahun 1128 M. Setelah Dinasti Fathimiah runtuh pada 1168 M, muncul sebuah dinasti baru yaitu Dinasti Mamluk pada tahun 1285 M. Dinasti Mamluk kemudian mengirimkan dua utusan ke Kerajaan Pasai yang kemudian bertemu dengan Meurah Silu. Meurah Silu merupakan salah satu pemimpin angkatan perang Kerajaan Pasai. Utusan tersebut kemudian memperkenalkan Islam dan mendukung Meurah Silu untuk mendirikan Kerajaan baru yang kemudian diberi nama Kerajaan Samudra. Pada perkembangannya kerajaan Samudra dan Pasai dikenal menjadi satu kerajaan yaitu Samudra Pasai.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved