Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam eksperimen Rutherford, sejumlah partikel alfa yang mulanya ditembakkan ke lempeng tipis emas, ternyata sebagian kecilnya dihamburkan pada sudut besar. Hamburan ini terjadi karena partikel alfa . . . .

Dalam eksperimen Rutherford, sejumlah partikel alfa yang mulanya ditembakkan ke lempeng tipis emas, ternyata sebagian kecilnya dihamburkan pada sudut besar. Hamburan ini terjadi karena partikel alfa . . . .

  1. menumbuk partikel berat bermuatan negatif yang tersebar pada seluruh lempeng emas

  2. ditolak oleh partikel berat bermuatan positif yang tersebar pada seluruh lempeng emas

  3. menumbuk partikel berat bermuatan negatif yang terkonsentrasi pada dacrah kecil lempeng emas

  4. ditolak oleh partikel berat bermuatan positif yang terkonsentrasi pada daerah kecil lempeng emas

  5. bertumbukan dengan partikel alfa yang lain

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Rutherford menyatakan tiga kesimpulan sebagai berikut : (1) Sebagian besar partikel α menembus lempeng logam tanpa dibelokkan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa sebagian besar ruang dalam atom-atom emas adalah ruang kosong. (2) Sedikit sekali partikel α yang dipantulkan kembali. Peristiwa ini menunjukkan bahwa partikel α telah menumbuk bagian yang sangat keras dari atom, yang disebut inti atom. Bagian ini mempunyai ukuran sangat kecil dibandingkan dengan ukuran atomnya. Saat partikel α akan mengenai inti atom terdapat gaya tolak yang besar, sehingga partikel α akan dipantulkan dengan sudut yang besar. (3) Sebagian kecil partikel α dibelokkan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa muatan inti atom adalah sejenis dengan muatan partikel α (positif). Partikel α yang lewat dekat inti atom dibelokkan oleh gaya tolak-menolak muatan-muatan listrik yang sejenis. Berdasarkan tiga kesimpulan yang telah didapat dari percobaannya, Rutherford mengajukan model atom baru yang berbunyi sebagai berikut. (1) Semua muatan positif dan sebagian besar massa atom berkumpul pada sebuah titik di tengah-tengah atom, yang disebut inti. atom. (2) Inti atom dikelilingi oleh elektron-elektron pada jarak yang relatif jauh. Elektron-elektron berputar pada lintasan-lintasan, Maka jawaban yang tepat adalah hamburan partikel α pada sudut yang besar ini karena partikel α menumbuk partikel berat bermuatan positif yang terkonsentrasi pada daerah kecil lempeng emas. Jawaban D.

Rutherford menyatakan tiga kesimpulan sebagai berikut :

(1) Sebagian besar partikel α menembus lempeng logam tanpa dibelokkan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa sebagian besar ruang dalam atom-atom emas adalah ruang kosong.

(2) Sedikit sekali partikel α yang dipantulkan kembali. Peristiwa ini menunjukkan bahwa partikel α telah menumbuk bagian yang sangat keras dari atom, yang disebut inti atom. Bagian ini mempunyai ukuran sangat kecil dibandingkan dengan ukuran atomnya. Saat partikel α akan mengenai inti atom terdapat gaya tolak yang besar, sehingga partikel α akan dipantulkan dengan sudut yang besar.

(3) Sebagian kecil partikel α dibelokkan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa muatan inti atom adalah sejenis dengan muatan partikel α (positif). Partikel α yang lewat dekat inti atom dibelokkan oleh gaya tolak-menolak muatan-muatan listrik yang sejenis.

 

Berdasarkan tiga kesimpulan yang telah didapat dari percobaannya, Rutherford mengajukan model atom baru  yang berbunyi sebagai berikut.

(1) Semua muatan positif dan sebagian besar massa atom berkumpul pada sebuah titik di tengah-tengah atom, yang disebut inti. atom.

(2) Inti atom dikelilingi oleh elektron-elektron pada jarak yang relatif jauh. Elektron-elektron berputar pada lintasan-lintasan,

Maka jawaban yang tepat adalah hamburan partikel α pada sudut yang besar ini karena partikel α menumbuk partikel berat bermuatan positif yang terkonsentrasi pada daerah kecil lempeng emas.

Jawaban D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa teori atom Rutherford bertentangan dengan teori Gelombang Elektromagnetik?

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia