Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam ekosistem terjadi perpindahan energi dan aliran materi. Melalui proses apa perpindahan energi dan aliran materi dalam ekosistem terjadi?

Dalam ekosistem terjadi perpindahan energi dan aliran materi. Melalui proses apa perpindahan energi dan aliran materi dalam ekosistem terjadi?space 

Iklan

F. Haris

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

proses perpindahan energi dan aliran materi yang terjadi pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan yang dilakukan oleh organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, detritivor, dan dekomposer.

proses perpindahan energi dan aliran materi yang terjadi pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan yang dilakukan oleh organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, detritivor, dan dekomposer.space 

Iklan

Pembahasan

Perpindahan energi dan aliran materi yang ada pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan . Dalam rantai makanan, terdapat tingkatan trofik dan organisme yang memiliki peran tertentu. Terdapat beberapa tingkatan dan peran organisme dalam suatu rantai makanan dan aliran energi, yaitu: Produsen Produsen merupakan tingkat trofik terendah dan berperan sebagai awalan dalam suatu perpindahan energi dan materi, dimana organisme produsen memanfaatkan langsung energi dan materi (senyawa kimia) yang berasal dari lingkungan. Organisme produsen terdiri atas organisme yang bersifat autotrof seperti tumbuhan dan bakteri autotrdof. Konsumen Konsumen tidak bisa memanfaatkan energi secara langsung dari lingkungan, namun mengambilnya dari organisme autotrof atau dari konsumen lainnya. Pengambilan energi tersebut dapat terjadi dengan memakan organisme yang menjadi sumber energi bagi organisme konsumen tersebut. Konsumen terdiri atas organisme heterotrof yang juga terdiri atas 2 tipe yaitu konsumen yang memakan produsen (herbivora) dan konsumen yang memakan konsumen lain (karnivora). Detritivor Apabila suatu organisme produsen dan konsumen telah mati, maka sisa-sisa tubuhnya akan mulai dihancurkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil oleh organisme yang berperan sebagai detritivor yaitu detritus. Sifat organisme yang berperan sebagai detritivor mirip seperti konsumen dimana tidak bisa memanfaatkan energi secara langsung dari alam, namun mengambilnya dari sisa organisme lain. Contoh dari organisme detritivor antara lain cacing, dan beberapa kelompok serangga. Dekomposer Energi dan materi yang berasal dari sisa organisme yang telah dihancurkan oleh detritivor kemudian akan dialirkan kembali ke lingkungan oleh organisme yang berperan sebagai dekomposer. Contoh organisme yang berperan sebagai dekomposer antara lain jamur dan bakteri pembusukan. Berikut bagan sederhana alur perpindahan energi dan materi melalui rantai makanan: Dengan demikian, proses perpindahan energi dan aliran materi yang terjadi pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan yang dilakukan oleh organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, detritivor, dan dekomposer.

Perpindahan energi dan aliran materi yang ada pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan. Dalam rantai makanan, terdapat tingkatan trofik dan organisme yang memiliki peran tertentu. Terdapat beberapa tingkatan dan peran organisme dalam suatu rantai makanan dan aliran energi, yaitu:

  1. Produsen
    Produsen merupakan tingkat trofik terendah dan berperan sebagai awalan dalam suatu perpindahan energi dan materi, dimana organisme produsen memanfaatkan langsung energi dan materi (senyawa kimia) yang berasal dari lingkungan. Organisme produsen terdiri atas organisme yang bersifat autotrof seperti tumbuhan dan bakteri autotrdof.
  2. Konsumen
    Konsumen tidak bisa memanfaatkan energi secara langsung dari lingkungan, namun mengambilnya dari organisme autotrof atau dari konsumen lainnya. Pengambilan energi tersebut dapat terjadi dengan memakan organisme yang menjadi sumber energi bagi organisme konsumen tersebut. Konsumen terdiri atas organisme heterotrof yang juga terdiri atas 2 tipe yaitu konsumen yang memakan produsen (herbivora) dan konsumen yang memakan konsumen lain (karnivora).
  3. Detritivor
    Apabila suatu organisme produsen dan konsumen telah mati, maka sisa-sisa tubuhnya akan mulai dihancurkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil oleh organisme yang berperan sebagai detritivor yaitu detritus. Sifat organisme yang berperan sebagai detritivor mirip seperti konsumen dimana tidak bisa memanfaatkan energi secara langsung dari alam, namun mengambilnya dari sisa organisme lain. Contoh dari organisme detritivor antara lain cacing, dan beberapa kelompok serangga.
  4. Dekomposer
    Energi dan materi yang berasal dari sisa organisme yang telah dihancurkan oleh detritivor kemudian akan dialirkan kembali ke lingkungan oleh organisme yang berperan sebagai dekomposer. Contoh organisme yang berperan sebagai dekomposer antara lain jamur dan bakteri pembusukan.

Berikut bagan sederhana alur perpindahan energi dan materi melalui rantai makanan:

Dengan demikian, proses perpindahan energi dan aliran materi yang terjadi pada ekosistem terjadi melalui mekanisme rantai makanan yang dilakukan oleh organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, detritivor, dan dekomposer.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Ahmad Arridho

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan rantai makanan berikut. Organisme yang memperoleh energi paling sedikit pada rantai makanan tersebut adalah ....

62

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia