Roboguru

Pertanyaan

Dalam dunia kedokteran, tekanan osmotik perlu diperhatikan dalam proses pemberian infus kepada pasien. Tekanan osmotik dalam darah berkisar 7,7 atm pada suhu darah begin mathsize 14px style 38 to the power of 0 straight C end style. Apabila seseorang memerlukan injeksi cairan nutrisi/infus, maka tekanan osmotik cairan infus tersebut harus ... dengan tekanan osmotik darah.

  1. isotonis

  2. lebih besar

  3. lebih kecil

  4. hipertonis

  5. hipotonis

E. Erin

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah opsi A.

Pembahasan

Dalam dunia kedokteran, tekanan osmotik perlu diperhatikan dalam proses pemberian infus kepada pasien. Tekanan osmotik dalam darah berkisar 7,7 atm pada suhu darah begin mathsize 14px style 38 degree straight C end styleApabila seseorang memerlukan injeksi cairan nutrisi/infus, maka tekanan osmotik cairan infus tersebut harus isotonik (sama besar) dengan tekanan osmotik darah karena jika terlalu encer, sel darah akan mengkerut dan jika terlalu pekat, sel darah akan pekat. jika hal tersebut terjadi dalam jumlah besar, maka akan terjadi kematian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi A.

88

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Desalinasi air laut adalah proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air laut untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi (air tawar). Proses desalinasi air laut memanfaatkan prinsip osmosis bal...

82

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia