Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam bidang ekonomi, setiap warga negara dituntt untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya yang lebih baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan ekonominya, dengan ....

Dalam bidang ekonomi, setiap warga negara dituntt untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya yang lebih baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan ekonominya, dengan ....space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Iklan

A. Uliya

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sultan Syarif Kasim

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah dengan cara memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuh kebutuhan berdasarkan wujudnya, berdasarkan hubungan dengan benda lain dan berdasarkan sifatnya.

jawaban yang tepat adalah dengan cara memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuh kebutuhan berdasarkan wujudnya, berdasarkan hubungan dengan benda lain dan berdasarkan sifatnya.space 

Iklan

Pembahasan

Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Wujud Barang berwujud, bersifat konkret dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh manusia. Barang tersebut mempunyai ciri dapat dilihat, diraba, dan dirasakan dengan panca indera. Misalnya mi instan, baju batik, apartemen, atau sepeda motor. Barang Tidak Berwujud, bersifat abstak disebut juga sebagai jasa. Barang macam ini mempunyai ciri tidak dapat dilihat, diraba, tetapi dapat dirasakan kehadirannya dalam bentuk layanan. Misalnya jasa kursus pengemudi, bantuan hukum, maupun layanan asuransi. Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungan Dengan Benda Lain Barang Substitusi, merupakan barang yang penggunaannya dapat menggantikan barang. Syaratnya, barang pengganti mempunyai manfaat sama dengan barang yang digantikan. Misalnya, sagu dan ketela dapat menggantikan beras saat sediaan beras langka, lampu minyak dapat menggantikan fungsi lampu listrik saat listrik padam, layanan ojek online dapat menggantikan angkutan kota. Barang Komplementer, merupakan barang yang berfungsi jika dilengkapi dengan barang lain. Barang komplementer disebut juga barang pelengkap. Barang tersebut akan lebih bermanfaat jika digunakan bersama barang yang lain, misalnya api dan kompor, televise dan arus listrik, nasi dan lauk pauknya, buku dan pulpen, mobil dan bahan bakar. Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Sifat Barang Bergerak, merupakan barang yang dapat dipindah-pindahkan tempatnya. Barang ini mempunyai ciri relative ringan, apabila dipindahkan tidak mengubah manfaat dan nilainya. Misalnya, laptop, pakaian, sepatu, televisi, lemari, meja makan, dan kursi. Barang Tidak Bergerak, merupakan barang yang harus berada di tempat agar tetap bernilai. Misalnya, lahan pertanian yang berpindah tempat belum tentu akan bernilai sama karena perbedaan tingkat kesuburan, sifat tanah, dan kandungan hara. Demikian pula dengan gedung kantor, apartemen, atau pasar yang dipindahkan dari tempat strategis. Jadi, jawaban yang tepat adalah dengan cara memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuh kebutuhan berdasarkan wujudnya, berdasarkan hubungan dengan benda lain dan berdasarkan sifatnya.

Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Wujud

  1. Barang berwujud, bersifat konkret dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh manusia. Barang tersebut mempunyai ciri dapat dilihat, diraba, dan dirasakan dengan panca indera. Misalnya mi instan, baju batik, apartemen, atau sepeda motor.
  2. Barang Tidak Berwujud, bersifat abstak disebut juga sebagai jasa. Barang macam ini mempunyai ciri tidak dapat dilihat, diraba, tetapi dapat dirasakan kehadirannya dalam bentuk layanan. Misalnya jasa kursus pengemudi, bantuan hukum, maupun layanan asuransi.

Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungan Dengan Benda Lain

  1. Barang Substitusi, merupakan barang yang penggunaannya dapat menggantikan barang. Syaratnya, barang pengganti mempunyai manfaat sama dengan barang yang digantikan. Misalnya, sagu dan ketela dapat menggantikan beras saat sediaan beras langka, lampu minyak dapat menggantikan fungsi lampu listrik saat listrik padam, layanan ojek online dapat menggantikan angkutan kota.
  2. Barang Komplementer, merupakan barang yang berfungsi jika dilengkapi dengan barang lain. Barang komplementer disebut juga barang pelengkap. Barang tersebut akan lebih bermanfaat jika digunakan bersama barang yang lain, misalnya api dan kompor, televise dan arus listrik, nasi dan lauk pauknya, buku dan pulpen, mobil dan bahan bakar.

Kelompok Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Sifat

  1. Barang Bergerak, merupakan barang yang dapat dipindah-pindahkan tempatnya. Barang ini mempunyai ciri relative ringan, apabila dipindahkan tidak mengubah manfaat dan nilainya. Misalnya, laptop, pakaian, sepatu, televisi, lemari, meja makan, dan kursi.
  2. Barang Tidak Bergerak, merupakan barang yang harus berada di tempat agar tetap bernilai. Misalnya, lahan pertanian yang berpindah tempat belum tentu akan bernilai sama karena perbedaan tingkat kesuburan, sifat tanah, dan kandungan hara. Demikian pula dengan gedung kantor, apartemen, atau pasar yang dipindahkan dari tempat strategis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah dengan cara memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuh kebutuhan berdasarkan wujudnya, berdasarkan hubungan dengan benda lain dan berdasarkan sifatnya.space 

Latihan Bab

Pengertian dan Masalah Ekonomi

Kebutuhan dan Alat Pemenuhannya

Biaya Peluang

Masalah Ekonomi Klasik dan Modern

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

628

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan ketiga gambar tersebut, buatlah tulisan singkat berkaitan dengan peran manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup!

243

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia