Roboguru

Dahulu, produksi serta konsumsi makanan dilakukan semuanya di dalam keluarga. Sekarang, diketahui bahwa pabrik-pabrik telah mengambil alih segala fungsi produksi keluarga. Bahkan dalam hal penyediaan makanan pun, kini keluarga sudah banyak membeli dari toko makanan (bakery, pastries) atau restoran. Proses ini dinamakan ....

Pertanyaan

Dahulu, produksi serta konsumsi makanan dilakukan semuanya di dalam keluarga. Sekarang, diketahui bahwa pabrik-pabrik telah mengambil alih segala fungsi produksi keluarga. Bahkan dalam hal penyediaan makanan pun, kini keluarga sudah banyak membeli dari toko makanan (bakery, pastries) atau restoran. Proses ini dinamakan .... 

  1. Single person households 

  2. Revolusi keluarga 

  3. Diferensiasi struktural 

  4. Modernisasi 

  5. Globalisasi 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah istilah untuk  proses perubahan alih fungsi produksi keluarga dalam penyediaan makanan.

Perubahan dalam penyediaan makanan pada keluarga yang kini telah diambil alih fungsi pabrik-pabrik merupakan bentuk proses modernisasiModernisasi merupakan perubahan dari sistem tradisional  (sederhana) menjadi sistem yang maju (modern). Dalam kasus yang digambarkan pada soal, bentuk modernisasi yang terjadi adalah telah di ambil alihnya segala fungsi produksi keluarga oleh pabrik-pabrik, bahkan dalam hal penyediaan makanan, keluarga sudah banyak membeli dari toko makanan (bakery, pastries) atau restoran.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kriminalitas merupakan masalah sosial yang dapat terjadi karena adanya pengaruh modernisasi. Munculnya tindakan kriminalitas di masyarakat dimulai dari adanya hubungan antarwarga masyarakat yang didom...

Pembahasan Soal:

Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana. Fenomena kriminalitas dapat timbul sebagai akibat dari proses modernisasi. Adanya kemajuan dalam berbagai bidang, dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindakan kriminalitas. Kemajuan dari berbagai bidang tersebut merangsang berbagai kebutuhan masyarakat sehingga terjadi berbagai macam persaingan untuk memperoleh kebutuhan tersebut. Tindakan kriminalitas dapat menyebabkan orang lain kehilangan harta benda, cacat tubuh, bahkan kehilangan nyawa. Oleh karena itu, dalam menyikapi modernisasi, kita harus bersikap lebih hati-hati agar tidak menimbulkan tindakan kriminal.

0

Roboguru

Secara tidak langsung untuk disebut sebagai masyarakat, dibutuhkan waktu yang relatif lama dan panjang. Pendapat tersebut disampaikan oleh .. .

Pembahasan Soal:

Masyarakat merupakan sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Adapun pengertian masyarakat berdasarkan pendapat para ahli (tokoh), sebagai berikut.

  1. Max Weber: Menurut Max weber, pengertian masyarakat adalah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nila yang dominan pada warganya
  2. Selo Soemardjan: Menurut Selo Soemardjan, pengertian masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. 
  3. Emile Durkheim: Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi pribadi yang merupakan anggotanya.
  4. Horton dan Hunt:  Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban D. Horton dan Hunt.

0

Roboguru

Berikut ini sikap yang menunjukkan akibat negatif modernisasi yaitu ...

Pembahasan Soal:

Modernisasi tidak selalu memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat, dalam arti mengubah masyarakat dari tradisional menjadi modern. Tidak menutup kemungkinan, masyarakat yang kurang siap terhadap modernisasi akan memunculkan sikap yang dapat menjadi dampak negatif dari modernisasi itu sendiri. Salah satunya adalah Pola hidup konsumtif. Pola Hidup Konsumtif  merupakan perilaku mengonsumsi barang dan jasa secara berlebihan yang sebenarnya barang dan jasa tersebut tidak dibutuhkan. Untuk mengatasi hal ini, kita harus  mampu memilih kebutuhan secara selektif. Tentunya, kebutuhan yang sesuai dan baik untuk kita dan lingkungan di sekitar.

Jadi, jawabannya adalah A konsumtifspace 

0

Roboguru

Harapan masyarakat terhadap sekolah kini semakin tinggi. Sekolah dianggap mampu melakukan terobosan agar pelaksanaan pembelajaran kian menarik. Hal tersebut merupakan indikator penyebab terjadinya per...

Pembahasan Soal:

Pada soal dijelaskan bahwa masyarakat menuntut adanya perubahan berupa terobosan-terobosan di sekolah agar pelaksanaan pembelajaran menjadi menarik. Ini adalah indikasi bahwa masyarakat mengingingkan adanya modernisasi di sekolah. Modernisasi dimaksudkan sebagai bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.

0

Roboguru

Dampak adanya modernisasi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Modernisasi merupakan suatu bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik, dengan harapan akan tercapainya kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur. Selain itu dapat juga dikatakan bahwa modernisasi adalah suatu perubahan dari masyarakat tradisional ke wujud masyarakat modern. Dimana hal tersebut berdampak pada perubahan di berbagai aspek kehidupan.

Ketika berbicara dampak, tentu akan selalu ada dua hal yang beriringan, yakni dampak negatif serta dampak positif. 

Dampak positif modernisasi:

  1. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, contohnya alat komunikasi dan trasportasi.
  2. Cara berpikir masyarakat menjadi lebih maju dan rasional karena mudahnya mendapatkan akses informasi, contohnya mulai berkurangnya paham-paham tentang mistis atau gaib.
  3. Tingkat kesejahteraan dapat meningkat, contohnya masyarakat yang tidak hanya bekerja di sektor pertanian namun juga sektor industri.

Dampak negatif modernisasi:

  1. Sikap individualisme semakin mendominasi.
  2. Meningkatkan daya saing perekonomian karena adanya pasar bebas dengan berbagai negara.
  3. Kearifan lokal perlahan mulai tergeser oleh adanya budaya-budaya luar yang lebih populer.
  4. Munculnya paham konsumtif, hedonisme, serta materialisme dalam masyarakat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tidak termasuk dampak dari adanya modernisasi adalah masyarakat kurang leluasa dalam mengakses berbagai kebutuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved