Roboguru

Corona virus disease 19 (Covid 19) sudah menginfeksi jutaan manusia di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hampir setiap negara di dunia terkena wabah virus ini. Beberapa negara melakukan mekanisme lockdown (karantina wilayah) untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Akibat lockdown sektor ekonomi lumpuh, sektor industri telah merumahkan bahkan memPHK karyawannya. Perdagangan tersendat. Pelayanan publik tidak bisa dilakukan maksimal. Sekolah dan kuliah dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan seperti "pandemi corona" memiliki dampak sosial yang bersifat ...

Pertanyaan

Corona virus disease 19 (Covid 19) sudah menginfeksi jutaan manusia di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hampir setiap negara di dunia terkena wabah virus ini. Beberapa negara melakukan mekanisme lockdown (karantina wilayah) untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Akibat lockdown sektor ekonomi lumpuh, sektor industri telah merumahkan bahkan memPHK karyawannya. Perdagangan tersendat. Pelayanan publik tidak bisa dilakukan maksimal. Sekolah dan kuliah dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan seperti "pandemi corona" memiliki dampak sosial yang bersifat ...space space 

  1. tidak teraturspace space 

  2. kompleksspace space 

  3. transdisiplinspace space 

  4. sulit diprediksispace space 

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang sifat dampak sosial yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 adalah bencana yang disebabkan oleh virus Corona. Pandemi Covid-19 merupakan suatu bentuk perubahan sosial berdasarkan sudut pandang masyarakat. Adapun bentuk perubahan sosial yang dimaksud adalah bentuk perubahan sosial yang tidak dikehendaki.

Pandemi Covid-19 menjadi suatu bencana yang muncul secara tiba-tiba, tidak dikehendaki, tetapi tersebar secara global, termasuk Indonesia. Terjadinya Covid-19 tidak dapat diprediksi sehingga masyarakat pun sulit memprediksi dampak sosial yang akan dialami.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan berikut yang dapat membawa perubahan negatif dalam kehidupan masyarakat adalah . . .

Pembahasan Soal:

Jawaban: d Proses perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat terlihat dari proses pembangunan yang terjadi di suatu daerah. Umumnya, proses pembangunan lebih pesat terjadi di daerah perkotaan dibanding perdesaan. Proses pembangunan yang dilakukan akan berdampak pada masyarakat di sekitar daerah yang mengalami pembangunan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat pada daerah yang mengalami pembangunan (dalam hal ini masyarakat kota). Selain itu, proses pembangunan yang terjadi di perkotaan mendorong masyarakat desa untuk melakukan urbanisasi agar dapat memperbaiki kualitas kehidupannya. Akan tetapi, harapan masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas kehidupan dengan melakukan urbanisasi tidak semata-mata dapat terealisasi dengan baik apabila mereka tidak memiliki keterampilan dan kemampuan yang memadai untuk dapat bersaing dan memperoleh kehidupan yang lebih baik di kota. Ketika hal ini terjadi, maka kondisi tersebut akan meningkatkan pengangguran di kota karena kualitas sumber daya manusia rendah.

0

Roboguru

Saat ini masyarakat mulai terbiasa berbelanja di toko online. Masyarakat menganggap berbelanja secara online lebih praktis dan efisien. Selain itu banyak marketplace berlomba-lomba memberikan potongan...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah terkait dengan dampak negatif perubahan sosial. 

Pada perubahan sosial adalah sebagai perubahan perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompok. Sehingga dari hal tersebut mempengaruhi perubahan dalam kehidupan masyarakat menyangkut dasar kehidupan mereka. perubahan sosial akan membawa bukan hanya dari perubahan lingkungan sosial masyarakat tetapi juga berubahnya masyarakat itu sendiri. Dalam perubahan sosial selain membawa pengaruh dan dampak positif dalam perkembangan masyarakat, tetapi juga membawa dampak-dampak negatif sebagai akibat dari adanya perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Adapun dampak negatif dalam kehidupan masyarakat adalah sebagai berikut : 

  • Munculnya perilaku hidup konsumtif.
  • Ketertinggalan budaya atau yang bisa disebut sebagai cultural lag
  • Dekadensi Moral (kemerosotan moral masyarakat)
  • Individualis
  • Kesenjangan sosial

Jika di kaitkan dengan soal kemudahan dalam berbelanja seringkali membuat masyarakat untuk membelanjakan uangnya secara berlebih dan menyebabkan perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif adalah perilaku individu yang ditujukan untuk konsumsi atau membeli secara berlebihan terhadap barang atau jasa, tidak rasional, secara ekonomis menimbulkan pemborosan, lebih mengutamakan kesenangan daripada kebutuhan. Sehingga dengan hal itu perubahan sosial akan membawa perubahan dalam pola kehidupan masyarakat dan merubah perilaku masyarakat. 

 Jadi dari penjelasan diatas, jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Jika suatu perubahan sosial menimbulkan konflik maka yang diperlukan adalah proses ….

Pembahasan Soal:

Dalam perubahan sosial akan selalu diiringi dengan perbahan-perubahan yang mendasar dalam kehidupan sosial, karena perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk nilai,sikap-sikap sosial,dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dalam perubahan sosial tentu akan ada banyak sekali pertentangan atau konflik karena keadaan sosial yang cukup berbeda. terkadang membuat masyarakat sulit untuk menyesuaikan perubahan tersebut, biasanya pada pola interaksi, sistem sosial dan juga pola kehidupan. Dengan begitu untuk upaya penyelesaian konflik masyarakat karena adanya perubahan sosial yang kita butuhkan adalah akomodasi.

Akomodasi dapat dipahami dalam dua perpektif. Pertama sebagai suatu kondisi, kedua sebagai suatu proses. Sebagai kondisi artinya ada keseimbangan interaksi sosial dengan nilai dan norma sosial. Sebagai proses artinya upaya individu atau kelompok mengurangi atau menyelesaikan ketegangan, konflik atau pertentangan. Dalam penyelesaian konflik dalam akomodasi disesuaikan dengan konflik yang terjadi berdasarkan bentuknya yaitu Kompromi,Abitrasi, Mediasi, Konsiliasi, Toleransi, Ajudikasi, Konversi Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Suatu keadaan di saat masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai hal yang baik dan buruk, dan tidak bisa melihat batasan yang benar dan salah disebut ....

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial mempunyai dampak bagi masyarakat, apabila dalam suatu sistem salah satu unsurnya tidak berfungsi dengan baik, masyarakat akan mengalami disorganisasi sosial yang lambat laun berubah menjadi disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial yang terjadi di dalam masyarakat lama-kelamaan akan menjadi kacau, dan dapat melahirkan kondisi yang anomie (tanpa aturan). Anomie adalah suatu keadaan di saat masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai hal yang baik dan buruk, dan tidak bisa melihat batasan yang benar dan salah. Sehingga yang terjadi kemudian adalah konflik nilai, bukan kesepakatan nilai. Masyarakat menjadi sulit untuk mencari pegangan dalam menentukan arah perilaku yang teratur. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah Aspace space space 

0

Roboguru

Perhatikan dampak perubahan berikut! Gencarnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Berkembangnya perilaku hedonis dalam masyarakat. Merebaknya budaya populer yang tidak sesuai dengan bu...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan dampak negatif perubahan sosial pada kehidupan masyarakat. 

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok di masyarakat. Dalam perubahan sosial mempengaruhi dari perubahan lingkungan dan diri masyarakat itu sendiri, sehingga masyarakat tidak akan pernah dapat menolak perubahan yang ada dalam kehidupannya. Dalam perubahan sosial masyarakat membuat perkembangan masyarakat semakin pesat menjadi masyarakat yang lebih maju dan modern dengan segala perkmbangan teknologi dan bidang kehidupan, sehingga dari hal itu perubahan sosial sealain membawa perubahan juga membawa dampak-dampak bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dampak negatif dalam kehidupan sosial. Yang mana perubahan itu akan membawa pengaruh-pengaruh negatif seperti berikut ini : 

  1. Munculnya perilaku hidup konsumtif.
  2. Ketertinggalan budaya atau yang bisa disebut sebagai cultural lag
  3. Dekadensi Moral (merosotnya moral seseorang yang ditunjukkan dari perilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat)
  4. Sikap individualis.
  5. Kriminalitas.
  6. Gaya hidup yang hedonis
  7. Kesenjangan sosial.

Jadi dari penjelasan diatas , jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved