Roboguru

Contoh tenaga kerja terlatih adalah ....

Pertanyaan

Contoh tenaga kerja terlatih adalah .... space 

  1. guru space 

  2. dokter space 

  3. jaksa space 

  4. pengasuh bayi space 

  5. tukang kebun space 

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja merupakan seseorang yang memasuki usia produktif 15 - 64 tahun. Berdasarkan kualitas atau keahliannya, tenaga kerja dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Tenaga Kerja Terdidik, tenaga kerja yang mendapatkan suatu keahlian atau kemahiran pada suatu bidang melalui sekolah atau pendidikan (formal / non formal), seperti: dokter, guru, jaksa, dan sebagainya.
  2. Tenaga kerja terlatih, tenaga kerja yang mendapatkan suatu keahlian dalam bidang tertentu yang didapat melalui pengalaman, seperti pelukis, montir, driver, pengasuh bayi, dll.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, tenaga kerja yang bekerja hanya mengandalkan tenaga saja, seperti asisten rumah tangga, pekerja bangunan, dll.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan tenaga kerja terdidik dan tenaga kerja terlatih!

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan cara sekolah atau pendidikan formal dan nonformal. Contohnya: pengacara, dokter, guru, dan lain-lain.

Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerjayang memiliki keahlian dalam bidang tertentudengan melalui pengalaman kerja. Tenaga kerja terampil ini dibutuhkan latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut. Contohnya: apoteker, ahli bedah, mekanik, dan lain-lain.

Roboguru

Pada saat musim buah mangga, Pak Anto berjualan mangga di pinggir jalan menggunakan gerobak. Setelah habis musim buah mangga Pak Anto menjadi tukang parkir di pasar induk. Berdasarkan ilustrasi terse...

Pembahasan Soal:

Jenis tenaga kerja berdasarkan kualitasnya dibagi menjadi tenaga kerja terdidik, terlatih (terampil), dan tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memiliki riwayat pendidikan yang tinggi dan tidak memiliki keterampilan atau kemampuan tertentu, contoh: tukang parkir, kuli bangunan, polisi cepek.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin C.space 

Roboguru

Contoh tenaga kerja yang tidak terlatih dan tidak terdidik adalah....

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah jenis - jenis tenaga kerja yang dikualifikasikan berdasarkan kemampuannya : 

  • Tenaga kerja terdidik dan terlatih, yaitu tenaga kerja yang memiliki keahlian dan pendidikan yang sesuai dengan bidangnya. Contoh dari tenaga kerja terdidik dan terlatih adalah dokter, guru, arsitek, dan lain - lain.
  • Tenaga kerja terlatih, yaitu tenaga kerja yang memiliki keterampilan dalam bidangnya. Contoh dari tenaga kerja terlatih adalah penjahit, pelukis, pengemudi, dan lain - lain 
  • Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, adalah tenaga kerja yang tidak mendapatkan pendidikan secara khusus. Contoh dari tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah ART, buruh, dan lain - lain. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space  

Roboguru

Berikut ini merupakan tenaga kérja terdidik, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan keahliannya, tenaga kerja di bagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Tenaga kerja terdidik
    Tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang tertentu yang diperolehnya melalui pendidikan formal pada pendidikan tinggi, contoh profesinya seperti guru, dosen, dokter, perawat, dan insinyur.
  2. Tenaga kerja terlatih
    Tenaga kerja yang memiliki pengalaman kerja cukup lama pada bidang tertentu dan memliki keterampilan tertentu melalui pelatihan atau pendidikan nonformal, contohnya seperti Juru masak, penjahit, dan montir.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
    Tenaga kerja yang tidak memerlukan keterampilan atau keahlian melalui pendidikan dan pelatihan sebelumnya, contohnya seperti kuli bangunan dan asisten rumah tangga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Roboguru

Kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar operasional pekerjaan yang ditetapkan disebut....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pasal 1 Ayat 6.10 menyatakan bahwa, Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yg mencakup aspek pengetahuan,keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standard yang ditetapkan.

Jadi, jawaban yang benar adalah pilihan B. space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved