Roboguru

Contoh hewan di Indonesia yang bercorak wilayah peralihan adalah…

Pertanyaan

Contoh hewan di Indonesia yang bercorak wilayah peralihan adalah…

  1. gajah, harimau, dan komodo

  2. kangguru, cendrawasih, dan kasuari

  3. badak, harimau, kera, dan panda

  4. komodo, anoa, dan maleo

  5. kuskus, kangguru, dan komodo

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Lokasi Indonesia diantara dua benua, Asia dan Australia. Kedua benua memiliki pengaruh pada wilayah yang berdekatan dengan benua tersebut. Pembagian wilayah biodiversitas Indonesia berdasarkan ciri organismenya:

  1. 1. Zona Orientalis/ Zona Asiatis:  Fauna dipengaruhi oleh Benua Asia. Banyak terdapat mamalia besar seperti Orangutan, harimau, badak, banteng dan gajah.  Wilayah ini meliputi pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. pada Jaman Es, pulau-pulau di Indonesia Barat ini terhubung dengan benua Asia dalam dataran yang disebut Paparan Sunda (Sunda Shelf). Hal ini membuat, flora dan fauna yang berasal benua Asia bisa menyebar hingga ke pulau-pulau ini.
  2. 2. Zona Peralihan:  Flora dan fauna didominasi oleh fauna endemik yang hanya ditemukan di wilayah ini, atau tidak dapat ditemui di wilayah lain. Misalnya adalah komodo, anoa, babi rusa dan burung maleo. Wilayah ini terdiri dari pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara. Wilayah di bagian Indonesia tengah ini tidak terhubung dengan benua Asia ataupun Asutralia, karena laut dan selat di wiliayah ini yang sangat dalam. Batas antara Zona Asiatis dan Zona Peralihan ini disebut Garis Wallace. Garis ini melewati Laut Sulawesi, Selat Makassar dan Selat Lombok.
  3. 3. Zona Australis:  Fauna dipengaruhi oleh Benua Australia. Wilayah ini meliputi pulau Papua dan sekitarnya di Indonesia Timur. Pada Zaman Es, wilayah ini terhubung dengan benua Australia dan disebut Paparan Sahul (Sahul Shelf). Akibatnya, wilayah ini sekarang di dominasi fauna dari Australia dan wilayah ini disebut zona Australis. Hewan di zona ini sangat mirip dengan hewan di Australia, misalnya terdiri dari hewan marsupalia (mamalia berkantong) seperti kanguru pohon, mamalia bertelur (monotremata) seperti Echidna, dan burung besar seperti kasuari. Batas antara Zona Australis dan Zona Peralihan disebut Garis Weber. Garis ini melewati Laut Maluku, Laut Banda dan Laut Arafura.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel di bawah ini! Dari tabel tersebut, fauna endemik Indonesia terdapat pada kolom ....

Pembahasan Soal:

Fauna endemik Indonesia tersebar di wilayah Indonesia bagian tengah, meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Pulau Timor. Hal tersebut dikarenakan zona Indonesia bagian tengah memiliki karakteristik fauna yang berbeda dengan fauna tipe asiatis maupun australis, sehingga disebut juga sebagai fauna tipe peralihan. Contoh dari fauna endemik Indonesia adalah babi rusa, maleo, komodo, dan anoa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Fauna endemik dari wilayah Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Hewan endemik Indonesia merupakan hewan yang berada di zona peralihan atau zona Indonesia tengah.  Hewan di daerah peralihan memiliki karakteristik sendiri yang membedakan dengan fauna tipe asiatis dan australiatis. Contoh hewan yang berada di Indonesia bagian tengah adalah komodo di NTT, Anoa di Bayuwangi, dan Orang utan. 

Jadi, jawaban yang benar adalah D

0

Roboguru

Contoh jenis hewan peralihan adalah ....

Pembahasan Soal:

Kawasan tengah disebut juga sebagai kawasan peralihan atau wallace region. Kawasan fauna peralihan dibatasi oleh garis Wallace yang membatasi dengan fauna di dataran Sunda dan garis Webber yang membatasi dengan fauna di dataran Sahul. Keunikan kawasan ini adalah terdapatnya fauna yang mirip dengan fauna kawasan Asiatis (tapir dan monyet), sekaligus juga mirip dengan fauna yang ada di kawasan Australia (kakatua dan musang). Fauna di bagian peralihan, antara lain anoa, tarsius, burung maleo, burung maleo, babi rusa, musang sulawesi, kuskus, dan burung jalak sulawesi.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A. 

0

Roboguru

Jenis-jenis hewan : (1) anoa; (2) burung kasuari; (3) babi rusa; (4) banteng; (5) komodo. Jenis hewan endemik di Indonesia Bagian Tengah terdapat pada angka ....

Pembahasan Soal:

Jenis hewan endemik di Indonesia Bagian Tengah terdapat pada angka (1), (3), dan (5).

(1) Anoa adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton.

(3) Babi rusa adalah marga hewan dari beberapa jenis babi liar yang hanya terdapat di sekitar Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan pulau-pulau Maluku lainnya. Habitat babirusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis.

(5) Komodo merupakan hewan yang berasal dari Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara sebagai habitat asli hewan komodo

0

Roboguru

Perhatikan nama-nama fauna berikut ! Gajah Anoa Komodo Harimau Babi rusa Hewan endemik wilayah Indonesia bagian tengah ditunjukkan nomor....

Pembahasan Soal:

Fauna khas yang ada di Indonesia bagian tengah umumnya tidak memiliki bulu yang lebat dan ada juga yang tidak memiliki bulu, serta memiliki ukuran tubuh yang sedang. Berikut identifikasi dari hewan-hewan pada soal :

  1. Gajah ; bagian barat
  2. Anoa ; bagian tengah
  3. Komodo ; bagian tengah
  4. Harimau ; bagian barat
  5. Babi rusa ; bagian tengah

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved