Roboguru

Colombus mengajukan permintaan bantuan kepada raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah yang ada di dunia Timur. Permintaan Colombus dipenuhi dengan diberikan…

Pertanyaan

Colombus mengajukan permintaan bantuan kepada raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah yang ada di dunia Timur. Permintaan Colombus dipenuhi dengan diberikan…

  1. Tiga kapal yang bernama Nina, Maria, dan Pinta ditambah 88 orang pelaut

  2. Perbekalan bahan makanan

  3. Satu buah kapal ditambah 100 orang pelaut

  4. Catatan membawa rempah-rempah yang cukup banyak

  5. Batas waktu pelayaran selama satu malam

Pembahasan Soal:

Christhoper Colombus merupakan seorang penjelajah asal Italia yang melakukan penjelajahan samudera dengan dibiayai oleh Kerajaan Spanyol. Ia mengajukan permohonan bantuan kepada Raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah rempah di dunia Timur. Permintaan tersebut dipenuhi dengan diberikan tiga kapal dengan segala perlengkapannya.  

Sebelum berangkat menemukan dunia timur, Christhoper Columbus menghadap pemimpin Kerajaan Spanyol yang saat itu dipegang oleh Ratu Isabella. Ratu Isabella mengizinkan penjelajahan samudera Columbus dan menyediakan 3 (tiga) kapal, yaitu Pinta, Nina, dan Santa Maria serta mendapatkan dukungan berupa perlengkapan pelayaran lengkap.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini! Kisah perjalanan Marcopolo seorang penjelajah Italia dalam bukunya I Mago Mundi Adanya semangat reqonquesta terhadap kekalahan Romawi Kekalahan ibukota...

Pembahasan Soal:

Bertahun-tahun lamanya Laut Tengah menjadi pusat perdagangan internasional antara para pedagang dari Barat dan Timur. Salah satu komoditinya adalah rempah-rempah. Para pedagang dari Barat atau orang-orang Eropa itu mendapatkan rempah-rempah dengan harga lebih terjangkau. Setelah jatuhnya Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempahrempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan. Portugis dan Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor petualangan, pelayaran dan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru di timur. Portugis juga telah menjadi pembuka jalan menemukan Kepulauan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Kemudian menyusul Belanda dan Inggris. Tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan melalui perdagangan rempah-rempah tetapi ada tujuan yang lebih luas. Tujuan mereka terkait dengan semangat 3G yaitu Gold, Glory, Gospel. Lalu latar belakang lain dari adanya penjelajahan Samudra yang dilakukan oleh bangsa Eropa saat itu selain yang telah disebutkan di atas adalah.

  1. Adanya semangat penaklukan (Reconquesta) terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Semangat penaklukan ini misalnya dilakukan oleh Spanyol-Ratu Isabella membiayai penjelajahan Samudra Columbus tahun 1492 untuk mencari jalan ke “Barat”.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan mengenai teknik pelayaran dan penemuan kompas. Kompas dapat berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakkan dengan memperbaiki konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segi tiga dengan tali temali persegi.
  3. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang dikatakan dalam buku “Imago Mundi” (Anggapan /keajaiban dunia). Buku yang berisi kisah perjalanan saudagar sekaligus pelancong Marcopolo yang mengelilingi dunia melalui jalur sutera. 
  4. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Sebutkan pemimpin pelayaran penjelajahan samudra dari bangsa Spanyol!

Pembahasan Soal:

Christoper Columbus merupakan penjalah Italias yang berlayar dibawah bendera Kerajaan Spanyol. Columbus dianggap sebagai tokoh penjelajah Spanyol pertama yang memimpin penjelajahan samudra. Ekspedisi berhasil mencapai Kepulauan Bahama di Benua Amerika pada tahun 1492. Selain itu misi pelayaran dan penjelahan samudra dari Spanyol juga tidak bisa dilepaskan dari tokoh Ferdinand Magellan dan Sebastian Del Cano yang mendarat di Filipina pada 1521 untuk mencari rempah-rempah. Akan tetapi, Magellan meninggal di Filipina akibat adanya pertempuran dengan penduduk lokal. Ekspedisi kemudian dilanjutkan oleh Del Cano yang dapat mencapai wilayah Maluku.

Dengan demikian, beberapa tokoh penjelajah samudra dari Spanyol adalah Christoper Columbus, Ferdinand Magellan, Sebastian Del Cano.

0

Roboguru

Perhatikan kolom di bawah ini! Berdasarkan kolom di atas, pasangan yang tepat tokoh penjelajahan samudra dan asal negaranya ditunjukkan oleh angka dan nomor ...

Pembahasan Soal:

Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Eropa dilatarbelakangi oleh beberapa faktor di antaranya adalah peristiwa jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani yang menyebabkan perdagangan darat antara Eropa dan Asia terputus. Akibatnya, suplai rempah-rempah ke Eropa berkurang sehingga harganya semakin mengalami peningkatan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan penemuan teknologi baru yang mendukung kegiatan pelayaran juga semakin meningkatkan penjelajahan yang dilakukan oleh Bangsa Barat. Selain itu, adanya semboyan 3G (gold, Glory, Gospel) juga turut menyebabkan bangsa Eropa memulai penjelajahan untuk melakukan pencarian rempah-rempah ke daerah asalnya. Penjelajahan samudra tersebut di lakukan oleh beberapa Bangsa, di antaranya:

  • Bangsa Portugis melakukan penjelajahan samudra di pimpin oleh Bartholomeus Diaz yang berhasil tiba di Tanjung Harapan pada 1488, pelayaran lainnya yang juga dilaukan oleh pelayar Portugis adalah Vasco da Gama yang berhasil tiba di Calicut, India pada 1498, serta Alfonso d' Alberquerque yang berhasil sampai ke Malaka pada 1511.
  • Bangsa Spanyol melakukan penjelajahan samudra dengan di pimpin oleh Christopher Colombus yang berhasil sampai ke Benua Amerika pada 1492. dan dilanjutkan dengan pelayaran Ferdinan Magelhaens yang berhasil tiba di Filipina pada 1521.
  • Bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudra di pimpin oleh Cornelis de Houtman yang berhasil sampai ke Banten pada tahun 1596, kemudian dilanjutkan dengan pelayaran Jacob van Nade yang berhasil sampai ke Banten pada tahun 1598.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan keterangan berikut! 1)  Seorang penjelajah Spanyol yang dikenal sebagai penemu Benua Amerika. 2)  Menyeberangi Samudera Atlantik dengan tiga kapal, yaitu Pita, Nina, dan Maria. 3)  Pada ...

Pembahasan Soal:

Keterangan yang terdapat dalam soal berkaitan erat dengan tokoh Christophorus Colombus. Christophorus Colombus merupakan seorang penjelajah Spanyol yang dikenal menjadi penemu benua Amerika. Colombus melakukan penjelajahan samudra dengan menyebrangi Samudra Atlantik dengan tiga kapal yaitu Pita, Nina, dan Maria. Ia berhasil mendarat di Kepulauan Bahama pada tanggal 12 Oktober 1492.

0

Roboguru

Orang Spanyol yang dianggap sebagai pelopor penjelajah samudra adalah

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 3 Agustus 1492, Columbus berangkat dari pelabuhaan Spanyol berlayar menuju arah barat. Pada tanggal 6 September tahun yang sama, rombongan Columbus sampai di Kepulauan Kanari di sebelah barat Afrika. Ekspedisi penjelajahan samudra dilanjutkan dengan mengarungi lautan luas yang dikenal ganas, yakni Samudra Atlantik. Salah satu kapalnya rusak. Para anggota ekspedisi hampir putus asa. Namun Columbus terus memberi semangat bagi anggota rombongannya. Setelah sekitar satu bulan lebih berlayar, tanggal 12 Oktober 1492 rombongan Columbus berhasil mendarat di pantai bagian dari Kepulauan Bahama. Columbus mengira bahwa ekspedisinya ini sudah sampai di Tanah Hindia. Oleh karena itu, penduduk yang menempati daerah itu disebut orang-orang Indian. Tempat mendarat Colombus ini kemudian dinamakan San Salvador. Berikutnya rombongan Columbus kembali berlayar dan mendarat di Haiti. Merasa ekspedisinya telah berhasil maka rombongan Columbus bertolak kembali ke Spanyol untuk melapor kepada Ratu Isabella. Tahun 1493 Columbus sampai kembali di Spanyol. Kedatangan Columbus dan rombongan disambut dengan suka cita. Bahkan dengan keberhasilannya mendarat di Kepulauan Bahama dan Haiti, Columbus diakui sebagai penemu daerah baru yakni Benua Amerika.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved