Coba kamu diskusikan tentang upacara tabot di Bengkulu atau tabuik di Paraiman! Jelaskan hubungannya dengan proses masuknya Islam ke Indonesia!

Pertanyaan

Coba kamu diskusikan tentang upacara tabot di Bengkulu atau tabuik di Paraiman! Jelaskan hubungannya dengan proses masuknya Islam ke Indonesia!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

upacara Tabut atau Tabuik adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tentang kisah kepahlawanan Husein bin Ali bin Abi Thalib. Upacara ini memiliki hubungan dengan proses masuknya agama Islam ke Indonesia karena merupakan bukti dari teori Persia. 

Pembahasan

Tabut adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tentang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M). Perayaan Tabut di Bengkulu pertama kali dilaksanakan oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syeh Burhanuddin (Imam Senggolo) menikah dengan wanita Bengkulu kemudian anak mereka, cucu mereka dan keturunan mereka disebut sebagai keluarga Tabut. Upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharram setiap tahun.

Upacara Tabut memiliki keterkaitan dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Hal ini dikarenakan upacara ini merupakan bukti dari teori Persia. Teori Persia mengatakan bahwa ajaran agama Islam di Nusantara dibawa dan disebarkan oleh orang-orang Persia. Teori ini didukung oleh Husein Djajadiningrat dengan bukti adanya upacara Tabut yang mirip dengan upacara serupa di Persia.

Dengan demikian, upacara Tabut atau Tabuik adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tentang kisah kepahlawanan Husein bin Ali bin Abi Thalib. Upacara ini memiliki hubungan dengan proses masuknya agama Islam ke Indonesia karena merupakan bukti dari teori Persia. 

7rb+

4.8 (21 rating)

Revania Dinda Amelia

Makasih ❤️

Natasya Enjelita Febiola

Ini yang aku cari!

Ahmad Jalaludinrumi

Pembahasan lengkap banget

ega

Bantu banget 🤩 Makasih ❤️

Nur Eka

Mudah dimengerti

Pertanyaan serupa

Jelaskan bukti-bukti bahwa masuknya Islam di Indonesia berasal dari Persia!

12rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia