Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri khas teori The Oscillating theory tentang pembentukan alam raya adalah adanya....

Ciri khas teori The Oscillating theory tentang pembentukan alam raya adalah adanya....

  1. reaksi pada inti massa

  2. zat baru selalu diciptakan

  3. reaksi berantai

  4. materi saling menjauh

  5. siklus materi

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teori Mengembang dan Memampat ( The Oscillating Theory ) , teori ini dikenal pula dengan teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen . Pada tahap ini terbentuklah galaksi- galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. Maka proses akan berulang dan menjadi sebuah siklus. Berdasarkan ciri khas yang ada pada teori tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. siklus materi menjadi jawaban yang tepat.

Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory), teori ini dikenal pula dengan teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Pada tahap ini terbentuklah galaksi- galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. Maka proses akan berulang dan menjadi sebuah siklus.

Berdasarkan ciri khas yang ada pada teori tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. siklus materi menjadi jawaban yang tepat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah teori kontraksi yang dikemukakan oleh Descrates yaitu ...

45

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia