Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri khas proses pembentukan Tatasurya menurut Teori Pasang Surut adalah...

Ciri khas proses pembentukan Tatasurya menurut Teori Pasang Surut adalah...

  1. matahari terbentuk bersama dengan Tatasurya

  2. planet yang terbentuk ukurannya sama

  3. planet-planet berasal dari gumpalan kabut awan

  4. Tatasurya terbentuk dari ledakan besar matahari

  5. planet-planet berasal dari materiak matahari

Iklan

F. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teori Pasang Surut, ada tahun 1991, ada 2 orang ilmuwan bernama James H. Jeans dan Harold Jeffers, menurut mereka terdapat sebuah bintang bergerak mendekati matahari dan kemudian menghilang . Saat kejadian itu separuh bagian dari matahari tertarik dan lepas . Dari bagian matahari yang terlepas inilah yang kemudian membentuk planet-planet. Bintang raksasa yang mendekati matahari massanya sama dengan massa matahari. Sehingga ketika bintang tersebut mendekat, pada permukaan matahari terbentuk gunung-gunung gelombang yang besar sekali hingga membentuk lidah raksaksa. Lidah tersebut sangat panas dan mempunyai rongga-rongga yang nantinya akan pecah menjadi planet-planet. Bintang raksasa itu terus bergerak menjauhi matahari sehingga lama kelamaan pengaruhnya akan hilang. Selanjutnya planet-planet tersebut mengalami pendinginan dan bergerak memutari matahari. Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat ciri dari Teori Pasang Surut adalah E. planet-planet berasal dari material Matahari. Pilihan A. Matahari terbentuk bersama dengan Tata Surya tidak tepat karena pada Teori Pasang Surut, Matahari telah lebih dahulu terbentuk. Pilihan B juga tidak menjadi jawaban yang tepat karena pada teori Pasang Surut terdapat perbedaan antara besar kecil planet. Pilihan C. planet-planet berasal dari gumpalan kabut awan merupakan ciri dari Teori Nebula dan pilihan D. merupakan teori tedakan besar ( big bang ).

Teori Pasang Surut, ada tahun 1991, ada 2 orang ilmuwan bernama James H. Jeans dan Harold Jeffers, menurut mereka terdapat sebuah bintang bergerak mendekati matahari dan kemudian menghilang. Saat kejadian itu separuh bagian dari matahari tertarik dan lepas. Dari bagian matahari yang terlepas inilah yang kemudian membentuk planet-planet. Bintang raksasa yang mendekati matahari massanya sama dengan massa matahari. Sehingga ketika bintang tersebut mendekat, pada permukaan matahari terbentuk gunung-gunung gelombang yang besar sekali hingga membentuk lidah raksaksa. Lidah tersebut sangat panas dan mempunyai rongga-rongga yang nantinya akan pecah menjadi planet-planet. Bintang raksasa itu terus bergerak menjauhi matahari sehingga lama kelamaan pengaruhnya akan hilang. Selanjutnya planet-planet tersebut mengalami pendinginan dan bergerak memutari matahari.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat ciri dari Teori Pasang Surut adalah E. planet-planet berasal dari material Matahari. Pilihan A. Matahari terbentuk bersama dengan Tata Surya tidak tepat karena pada Teori Pasang Surut, Matahari telah lebih dahulu terbentuk. Pilihan B juga tidak menjadi jawaban yang tepat karena pada teori Pasang Surut terdapat perbedaan antara besar kecil planet. Pilihan C. planet-planet berasal dari gumpalan kabut awan merupakan ciri dari Teori Nebula dan pilihan D. merupakan teori tedakan besar (big bang).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ciri khas Teori Pasang Surut dalam pembentukan Tatasurya adalah adanya ….

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia