Roboguru

Ciri dari gemeinschaft ditunjukkan oleh .... hubungan bersifat rasional kontraktual komunikasi formal hubungan bersifat afektif

Pertanyaan

Ciri dari gemeinschaft ditunjukkan oleh ....

  1. hubungan bersifat rasional
  2. kontraktual
  3. komunikasi formal
  4. hubungan bersifat afektif

 

  1. (1), (2), dan (3) benarundefined

  2. (1) dan (3) benar

  3. (2) dan (4) benar

  4. (4) saja

  5. semua jawaban benar

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Masyarakat Gemainshaft adalah dalam Bahasa Inggris disebut Communal Society atau Masyarakat Komunal. Dalam bahasa Indonesia disebut paguyuban. Gemeinschaft adalah asosiasi sosial di mana individu-individu cenderung ke arah komunitas sosial daripada keinginan dan kebutuhan individu mereka. Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama, anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alami dan kekal. Dasar hubungan adalah rasa cinta dan rasa persatuan yang telah dikodratkan. Biasanya paguyuban lahir dari dalam diri individu ditandai dengan rasa solidaritas dan identitas yang sama. Keinginan untuk berhubungan didasarkan atas kesamaan dalam keinginan dan tindakan.

Ciri - Ciri Masyarakat Gemainshaft antara lain : Ikatan sosial bersifat personal, Tipikal masyarakat rural, Tipikal masyarakat tradisional, Tipikal masyarakat petani, Tradisi masih kuat, dan Hubungan sosial bersifat tradisional.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. (4) aja.



 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Ferdinand Tonnies, contoh kelompok patembayan adalah …. (1) perusahaan dan koperasi (2) kelompok marga (3) firma dan PT (4) arisan dan pengajian

Pembahasan Soal:

Ferdinand Tonnies membagi kelompok sosial menjadi dua, yaitu kelompok paguyuban (gemeinschaft) dan kelompok patembayan (gesselschaft).

  1. Kelompok paguyuban (gemeinschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Misalnya, masyarakat pedesaan, kelompok arisan, kelompok pengajian, dan kelompok keluarga atau marga.
  2. Kelompok patembayan (gesselschaft) adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya menjalin hubungan bersifat kontraktual (sementara) dan kurang saling mengenal secara personal. Berdasarkan pilihan jawaban di atas, E perusahaan dan kooperasi termasuk dalam kelompok patembayan (gesselschaft).

 

0

Roboguru

Menurut Ferdinand Tonnies bahwa kehidupan bersama pada patembayan dicirikan bersifat pamrih dalam hubungan antar-anggota untuk jangka waktu yang pendek dan strukturnya bersifat organis. SEBAB Dalam ...

Pembahasan Soal:

Hubungan antaranggota patembayan atau gesellschaft bersifat formal, memiliki orientasi ekonomi, memperhitungkan nilai guna, dan lebih didasarkan pada kenyataan sosial. Maka dari itu hubungan yang terjalin pada kelompok sosial patembayan bersifat pamrih satu sama lain dan memiliki jangka waktu tertentu yang diikat melalui perjanjian atau kontrak yang telah disepakati. Contoh dari patembayan: ikatan antara pedagang, organisasi dalam industri tertentu.

Oleh karena itu, pernyataan dan alasan benar, keduanya memiliki hubungan sebab akibat.

0

Roboguru

Di dalam masyarakat terdapat perbedaan yang memiliki kekhasan dalam menjaga dan mempertahankan integrasi sosial. Misalnya, ketika terjadi sesuatu yang mencurigakan dari perilaku seseorang di lingkunga...

Pembahasan Soal:

Solidaritas mekanik merupakan solidaritas yang diikat karena kesadaran kolektif, pada masyarakat ini belum mengenal yang namanya pembagian kerja. Tiap anggota mempunyai pekerjaan yang sama, tidak ada saling ketergantungan antara mereka.

Jadi, jawaban yang tetap adalah B. Solidaritas Organik.  

 

0

Roboguru

Kerumunan terbentuk karena individu-individu memiliki perhatian yang sama terhadap suatu hal. SEBAB Identitas individu dalam kerumunan tidak terlihat sehingga kedudukan setiap individu yang terlibat...

Pembahasan Soal:

Kerumunan merupakan suatu bentuk kelompok semu karena tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan terbentuk dengan tidak sengaja (spontan). Selain itu kerumunan terbentuk karena individu memiliki perhatian yang sama terkait hal tertentu, meskipun hal tersebut terjadi secara spontan. Misalnya, kerumunan orang mengantri tiket, kerumunan orang yang sedang menonton bioskop ataupun kerumunan orang yang sedang melihat kecelakaan lalu lintas.

Poin pada alasan juga benar, karena salah satu ciri-ciri kerumunan adalah kedudukan setiap individu yang terlibat tidak berbeda dan tidak terorganisir. Akan tetapi, antara pernyataan dan alasan tidak memiliki hubungan, meskipun membicarakan hal yang sama, yaitu kerumunan. Poin pada pernyataan lebih menitikberatkan pada dasar terbentuknya kerumunan, sedangkan poin pada alasan menitikberatkan pada identitas individu dalam sebuah kerumunan.

Ciri-Ciri Kerumunan :

  • bersifat sementara dan relatif spontan
  • tidak selalu memiliki tujuan bersama
  • interaksi sosial tidak terfokus
  • tidak mengarah pada pembentukan masyarakat

0

Roboguru

Sifat hubungan patembayan dapat ditemukan dalam masyarakat .... (Soal SBMPTN 2014)

Pembahasan Soal:

Kelompok patembayan adalah bentuk pembagian kelompok sosial menurut Ferdinand Tonnies. Menurut Tonnies, kelompok patembayan dibentuk atas dasar kehendak rasional. Masyarakat saling keterkaitan karena mereka memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Hubungan sosial kelompok patembayan juga formal dan tidak kekal. Hubungan sosial seperti ini banyak terjadi di perkotaan. Contohnya hubungan sosial pada kelompok buruh di pabrik. Hubungan sosial mereka bersifat formal karena ada kontrak kerja dengan perusahaan dan mereka saling terhubung karena adanya kepentingan ekonomi.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved