Roboguru

Ciri-ciri lapisan litosfer...

Ciri-ciri lapisan litosfer...space

 

Jawaban:

Kata litosfer berasal dari bahasa Yunani lithosphaira, lithos berarti batuan dan sphaira berarti lapisan. Secara harfiah, litosfer berarti lapisan yang terdiri dari batuan. Litosfer terdiri dari beberapa lapisan, yaitu:

1. Lapisan litosfer (kulit bumi), yaitu lapisan yang terletak di atas lapisan perantara, dengan ketebalan 1.200 km. Berat jenisnya rata-rata 2,8 g/cm3. Litosfer terdiri atas dua bagian antara lain :

  • Lapisan Si-Al, yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas unsur silikon dan aluminium, termasuk senyawanya dalam bentuk Si02 dan Al203. Dalam lapisan ini, terdapat batuan beku, sedimen, metamorf. Lapisan Si-Al disebut juga lapisan kerak bumi karena bersifat padat, kaku, dengan ketebalan rata-rata 35 km.
  • Lapisan Si-Ma, yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas unsur-unsur silikon dan magnesium dalam bentuk senyawa Si02 dan MgO. Lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar daripada lapisan lapisan Si-Al karena mengandung mineral feromagnesium dan batuan basalt. Lapisan Si-Ma bersifat elastis dan mempunyai ketebalan rata-rata 65 km.

2. Lapisan perantara, yaitu lapisan yang terdapat di atas lapisan barisfer dengan tebal 1.700 km. Berat jenisnya rata-rata 5 g/ cm3. Lapisan perantara disebut juga astenosfer (mantel). Lapisan ini merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar.

3. Barisfer, yaitu lapisan inti bumi dan merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nikel dan besi. Jari-jari lapisan ini sebesar 3.470 km dan batas luarnya kurang lebih 2.900 km di bawah permukaan bumi. undefined  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved