Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri-ciri Basidiomycota adalah…

Ciri-ciri Basidiomycota adalah…

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Basidiomycota adalah salah satu divisi dari jamur yang diklasifikasikan berdasarkan cara reproduksinya. Jamur, diklasifikasikan menjadi tiga berdasarkan cara reproduksinya, yaitu Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota. Basidiomycota mudah dikenal karena memiliki tubuh buah seperti payung pada umumnya. Sebagian jamur pada divisi ini dapat dimakan, tetapi juga memiliki racun yang berbahaya. Ciri basidiomycota secara umum adalah: Jamur punya basidium Tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya Tubuh buah bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti payung, bola atau papan. Secara umum, tubuh buah mempunyai 4 bagian, yaitu tangkai tubuh buah ( stipe ), tudung ( pileus ), volva, dan bilah ( lamella ). Stipe merupakan suatu massa miselium yang tumbuh tegak. Pileus merupakan bagian yang ditopang oleh stipe. Sewaktu muda, pileus dibungkus oleh selaput yang disebut velum universale yang akan pecah menjelang dewasa. Volva adalah sisa pembungkus yang terdapat di dasar tangkai. Lamella merupakan bagian bawah dari tudung, berbentuk helaian, dan tersusun atas lembaran. Tubuh buahnya disebut basidiokarp, terdiri atas jalinan hifa bersekat dan dikariotik (setiap sel intinya berpasangan). Pada saat pembentukan basidiospora, ujung-ujung hifa menggembung membentuk basidium yang di dalamnya terjadi peleburan dua inti haploid menjadi satu inti diploid, disusul dengan pembelahan meiosis yang menghasilkan 4 inti haploid. Selanjutnya, basidium membentuk empat tonjolan (sterigmata) yang berisi protoplasma dan keempat inti haploid tadi masing-masing akan mengisi tiap tonjolan dan terbentuk empat buah basidiospora haploid. Contoh dari jamur dalam divisi Basidiomycota adalah jamur merang ( Volvariella volvacea ) dengan tubuh buah berbentuk payung.

Basidiomycota adalah salah satu divisi dari jamur yang diklasifikasikan berdasarkan cara reproduksinya. Jamur, diklasifikasikan menjadi tiga berdasarkan cara reproduksinya, yaitu Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.

Basidiomycota mudah dikenal karena memiliki tubuh buah seperti payung pada umumnya. Sebagian jamur pada divisi ini dapat dimakan, tetapi juga memiliki racun yang berbahaya.

Ciri basidiomycota secara umum adalah:

  1. Jamur punya basidium
  2. Tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya
  3. Tubuh buah bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti payung, bola atau papan.
  4. Secara umum, tubuh buah mempunyai 4 bagian, yaitu tangkai tubuh buah (stipe), tudung (pileus), volva, dan bilah (lamella). Stipe merupakan suatu massa miselium yang tumbuh tegak. Pileus merupakan bagian yang ditopang oleh stipe.
  5. Sewaktu muda, pileus dibungkus oleh selaput yang disebut velum universale yang akan pecah menjelang dewasa. Volva adalah sisa pembungkus yang terdapat di dasar tangkai. Lamella merupakan bagian bawah dari tudung, berbentuk helaian, dan tersusun atas lembaran.
  6. Tubuh buahnya disebut basidiokarp, terdiri atas jalinan hifa bersekat dan dikariotik (setiap sel intinya berpasangan).
  7. Pada saat pembentukan basidiospora, ujung-ujung hifa menggembung membentuk basidium yang di dalamnya terjadi peleburan dua inti haploid menjadi satu inti diploid, disusul dengan pembelahan meiosis yang menghasilkan 4 inti haploid.
  8. Selanjutnya, basidium membentuk empat tonjolan (sterigmata) yang berisi protoplasma dan keempat inti haploid tadi masing-masing akan mengisi tiap tonjolan dan terbentuk empat buah basidiospora haploid.

Contoh dari jamur dalam divisi Basidiomycota adalah jamur merang (Volvariella volvacea) dengan tubuh buah berbentuk payung. 

352

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel berikut. Berdasarkan tabel tersebut, jenis jamur A, B, dan C berturut-turut termasuk ....

6rb+

4.9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia