Roboguru

Change these sentences into passive. The beautiful anchor of morning program read the news about the sinking ship with teary voice.

Pertanyaan

Change these sentences into passive.


The beautiful anchor of morning program read the news about the sinking ship with teary voice.

Pembahasan Soal:

Instruksi soal meminta kita mengubah kalimat  "The beautiful anchor of morning program read the news about the sinking ship with teary voice" (Pembaca acara pagi yang cantik itu membacakan berita tentang kapal yang tenggelam dengan suara bergetar) menjadi sebuah kalimat pasif (Passive Voice).

Penggunakan verb read menunjukkan bahwa kalimat tersebut ditulis dalam Simple Past Tense. Formula yang digunakan untuk membentuk kalimat Passive Voice dalam Simple Past Tense adalah Subject + was/were + Verb 3. Perlu diperhatikan bahwa subjek dalam Passive Voice adalah objek dalam kalimat aktif.

Berdasarkan penjelasan formula di atas, subjek pada kalimat Passive Voice adalah the news about sinking ship. Head subject pada noun phrase tersebut adalah the news yang merupakan kata benda singular dan uncountable noun (benda yang tidak dapat dihitung) sehingga perlu diikuti dengan was.  Dengan demikian, kalimat pasif dari soal di atas adalah "The news about sinking ship was read by the beautiful anchor of morning program with teary voice" (Berita tentang kapal yang tenggelam dibacakan oleh pembaca acara pagi yang cantik dengan suara bergetar).

Jadi, jawaban yang benar adalah "The news about sinking ship was read by the beautiful anchor of morning program with teary voice".

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved