Iklan

Iklan

Pertanyaan

Change the sentence into reported speech! Mommy said, “You can go to mall, if you have finished your task.”

Change the sentence into reported speech!


Mommy said, “You can go to mall, if you have finished your task.”
 

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah Mommy said that I could go to mall, if I had finished my task.

jawaban yang tepat adalah Mommy said that I could go to mall, if I had finished my task.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kita diminta untuk mengubah kalimat langsung (direct speech) tersebut menjadi kalimat tidak langsung (reported speech). Jenis kalimat direct speech tersebut adalah statement atau pernyataan. Saat mengubah direct speech dalam bentuk statement ke reported speech , terdapat tiga hal yang harus diubah, yaitu tenses, pronoun dan kata keterangan waktu dan tempat. Kalimat "You can go to mall, if you have finished your task." menggunakan modal “can” . Karena itu, kita harus mengubahnya ke bentuk yang lebih lampau yaitu “could”. Kalimat tersebut juga menggunakan Present Perfect Tense yaitu have finished sehingga kita harus mengubahnya ke bentuk lampau yaitu Past Perfect Tense. Jadi, have finished berubah menjadi had finished. Dalam kalimat tersebut, pronoun -nya adalah “You” dan "your" . Pronoun “You” berubah menjadi "I" dan "your" berubah menjadi "my" karena nampaknya Mommy berkata kepada anaknya dan anaknya adalah orang yang ingin menyampaikan reported speech tersebut. Saat mengubah direct speech ke reported speech, kita tidak perlu lagi mencantumkan tanda kutip. Kita dapat menambahkan that setelah reporting verb "said" agar kalimatnya terdengar lebih jelas. Dengan memperhatikan aturan kalimatnya, reported speech tersebut menjadi My mom said that I could go to mall, if I had finished my task . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Mommy said that I could go to mall, if I had finished my task.

Kita diminta untuk mengubah kalimat langsung (direct speech) tersebut menjadi kalimat tidak langsung (reported speech). Jenis kalimat direct speech tersebut adalah statement atau pernyataan. Saat mengubah direct speech dalam bentuk statement ke reported speech, terdapat tiga hal yang harus diubah, yaitu tenses, pronoun dan kata keterangan waktu dan tempat.

Kalimat "You can go to mall, if you have finished your task." menggunakan modal “can”. Karena itu, kita harus mengubahnya ke bentuk yang lebih lampau yaitu “could”. Kalimat tersebut juga menggunakan Present Perfect Tense yaitu have finished sehingga kita harus mengubahnya ke bentuk lampau yaitu Past Perfect Tense. Jadi, have finished berubah menjadi had finished. Dalam kalimat tersebut, pronoun-nya adalah “You” dan "your". Pronoun “You” berubah menjadi "I" dan "your" berubah menjadi "my" karena nampaknya Mommy berkata kepada anaknya dan anaknya adalah orang yang ingin menyampaikan reported speech tersebut. 

Saat mengubah direct speech ke reported speech, kita tidak perlu lagi mencantumkan tanda kutip. Kita dapat menambahkan that setelah reporting verb "said" agar kalimatnya terdengar lebih jelas. Dengan memperhatikan aturan kalimatnya, reported speech tersebut menjadi My mom said that I could go to mall, if I had finished my task.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Mommy said that I could go to mall, if I had finished my task.

Latihan Bab

Indirect Speech of Statement

Indirect Speech of Yes or No Question

Indirect Speech of WH Question

Indirect Speech of Imperative Sentence

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

526

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Change the sentence into indirect speech! Vina said, “I will come to your party tomorrow.” Vina said ….

297

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia