Roboguru

Change the sentence into reported speech! “How long do you learn in a day?”, Father asked.

Pertanyaan

Change the sentence into reported speech!


“How long do you learn in a day?”, Father asked.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tanda “____” (kutip) menandakan adanya kalimat langsung. Kita harus mengubahnya menjadi "reported speech" atau "kalimat tidak langsung". Kalimat tersebut merupakan interrogative question sehingga kata “Father asked” di pindahkan ke awal kalimat.

"How long do you learn in a day?" menggunakan Interrogative Simple Present (Do/does+S+ V1) yang artinya “Berapa lamakah kamu belajar dalam sehari?”. Kalimat tanya ini harus diubah menjadi kalimat pernyataan Positive Simple Past (S+V2) dan pronoun “you” diubah menjadi “I”, sehingga kalimanya menjadi “I learned in a day”.

Dengan demikian jawabanya adalah “Father asked how long I learned in a day.” artinya “Ayah bertanya berapa lama aku belajar dalam sehari”.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sandy asked me, "What do you bring?"  Sandy asked me...

Pembahasan Soal:

Kita diminta untuk mengubah kalimat langsung (direct speech) tersebut menjadi kalimat tidak langsung (reported speech). Jenis kalimat direct speech tersebut adalah WH Question atau kalimat pertanyaan yang menggunakan 5W1H. Saat mengubah direct speech dalam bentuk tersebut ke reported speech, terdapat tiga hal yang harus diubah, yaitu tenses, pronoun dan kata keterangan waktu dan tempat.

Kalimat "What do you bring?" menggunakan Simple Present Tense. Karena itu, kita harus mengubahnya ke bentuk yang lebih lampau yaitu Simple Past Tense. Jadi, do berubah menjadi did. Dalam kalimat tersebut, pronoun-nya adalah “You”. Pronoun “You” berubah menjadi "I" karena nampaknya Sandy berkata kepada orang yang ingin menyampaikan reported speech tersebut.

Saat mengubah direct speech bentuk WH Question ke reported speech, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setelah reporting verb "asked", kita tetap menuliskan 5W1H-nya. Setelah itu, kita perlu mengubah direct speech bentuk pertanyaan tersebut ke bentuk pernyataan. 

Dengan memperhatikan aturan kalimatnya, reported speech tersebut menjadi Sandy asked me what I brought. Kita tidak menggunakan did tetapi justru mengganti verb "bring" ke bentuk kedua (V2) karena kalimatnya sudah menjadi pernyataan. Auxiliary "did" tidak diperlukan karena kalimatnya bukan dalam bentuk pertanyaan lagi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jojo looked at me and asked, “Why did you choose me yesterday?” What is the Indirect Speech of the sentence above?

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan bentuk kalimat tidak langsung (indirect speech) yang tepat. Untuk menjawabnya, perlu diperhatikan beberapa hal seperti tense, pronoun, keterangan waktu, dan susunan kalimatnya.

Why did you choose me yesterday?” adalah kalimat WH-Question, maka pola kalimat tidak langsungnya adalah S + saying verb + indirect O + question word + S + V

Kata did menunjukkan bahwa kalimat tersebut menggunakan Simple Past Tense. Jadi, tense kalimat tidak langsungnya adalah Past Perfect Tense (had + V3). Yang diubah menjadi V3 adalah kata kerja utamanya, yaitu choose menjadi chosen. Lalu, kata ganti (pronoun) you menjadi I karena pertanyaan tersebut merujuk pada me (diriku).

Sementara itu, kata keterangan yesterday harus diubah menjadi the previous day/the day before. Jadi, kalimat yang memenuhi semua ketentuan tersebut adalah pilihan A, "Jojo looked at me and asked why I had chosen him the previous day.".

Pilihan B tidak tepat. Kata yesterday seharusnya diubah menjadi the previous day/the day before.

Pilihan C tidak tepat. Kalimatnya menjadi bentuk pernyataan sehingga auxiliary-nya, yaitu had harus dituliskan setelah subjek I.

Pilihan D dan E tidak tepatTense yang digunakan tidak sesuai.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Choose the correct indirect speech of the following sentence! Mrs. Morris asked me, “Where do your parents work?”

Pembahasan Soal:

Pertama, kalian harus mengubah kalimat tanya “do your parents work?” menjadi kalimat pernyataan “your parents work”.

Kedua, karena kalimat pernyataannya dalam bentuk Simple Present Tense (your parents work), kita harus mengubahnya menjadi Simple Past Tense (your parents worked).

Ketiga, kita harus memperhatikan sudut pandang pembicara. Dalam indirect speech, kita memakai sudut pandang orang ketiga. Arti kalimat tidak langsungnya yang tepat adalah Bu Morris bertanya di mana orang tuaku bekerja, maka kata ganti your diubah menjadi my.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E. space 

Roboguru

Phil asked Moe, “What time does the class start?” The correct indirect speech of the sentence above is ...

Pembahasan Soal:

Untuk mengubah kalimat di atas menjadi kalimat tidak langsung (indirect speech), kita harus mengubah kalimat tanya “what time does the class start?” menjadi kalimat pernyataan “what time the class starts”.

Lalu, karena kalimat pernyataannya dalam bentuk Simple Present Tense (the class starts), kita harus mengubahnya menjadi Simple Past Tense (the class started).

Kemudian, frasa "what time" tetap ditulis seperti itu karena merupakan penanda WH-question.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Roboguru

Susan asked Margareth, “Where do you live?” She asked her....

Pembahasan Soal:

Kalimat "Susan asked Margareth, “Where do you live?” merupakan bentuk dari direct speech. Direct speech merupakan sebuah kalimat langsung dari ucapan seseorang yang ditandai dengan quotation mark ("). Kalimat langsung tersebut berbentuk simple present tense dan jika ingin diubah menjadi indirect speech atau kalimat tidak langsung, maka tense yang digunakan harus diubah menjadi bentuk lampau yaitu simple past tense. Dengan demikian, kalimat tidak langsung untuk kalimat di atas adalah "She asked her where she lived".

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved