Roboguru

Cerpen yang tepat berdasarkan kutipan drama tersebut adalah ...

Pertanyaan

Cerpen yang tepat berdasarkan kutipan drama tersebut adalah ...space 

  1. Suatu hari, di siang yang panas, Inka dan Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
    "Hoi ... minggir ... minggir .... Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir." Inka dan Gendis cuma menoleh sebal. Arga melewati mereka dengan tertawa keras. Tahu-tahu .... gubrak! Karena kurang hati-hati, sepeda Arga menabrak sebuah pohon yang ada di pinggir jalan.
    "Rasakan kamu!" teriak Inka, "makanya kalau naik sepeda itu lihat depan."space 

  2. Suatu hari, di siang yang panas, Inka, berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
    "Hoi ... minggir ... minggir .... Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir." Inka cuma menoleh sebal. Arga melewati mereka dengan tertawa keras. Tahu-tahu ... gubrak! Karena kurang hati-hati, sepeda Arga menabrak sebuah pohon yang ada di pinggir jalan.
    "Rasakan kamu!" teriak Inka, "makanya kalau naik sepeda itu lihat depan."space 

  3. Suatu hari, di siang yang panas, Gendis berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.
    "Hoi ... minggir ... minggir .... Pangeran Arga yang ganteng ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir." Gendis cuma menoleh sebal. Arga melewati mereka dengan tertawa keras. Tahu tahu ... gubrak! Karena kurang hati-hati, sepeda Arga menabrak sebuah pohon yang ada di pinggir jalan.
    "Rasakan kamu!" teriak Gendis, "makanya kalau naik sepeda itu lihat depan."space 

  4. Suatu hari, di siang yang panas, Inka dan Arga berjalan kaki pulang sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering,
    "Hoi ... minggir ... minggir .... Putri Gendis yang cantik ini mau lewat. Rakyat jelata diharap minggir." Inka dan Arga cuma menoleh sebal. Gendis melewati mereka dengan tertawa keras. Tahu-tahu ... gubrak! Karena kurang hati-hati, sepeda Gendis menabrak sebuah pohon yang ada di pinggir jalan.
    "Rasakan kamu!" teriak Inka, "makanya kalau naik sepeda itu lihat depan."space 

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang habis dibaca sekali duduk berisi peristiwa yang dialami tokohnya. Untuk mengubah teks drama menjadi cerpen, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah siapa saja tokoh yang terlibat, bagaimana deskripsi latar kejadian, dan dialog apa yang diucapkan tiap tokohnya. Setelah diperhatikan, jawaban pada opsi A adalah bentuk cerpen yang paling sesuai dengan naskah drama pada soal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ubahlah sudut pandang dalam kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama!

Pembahasan Soal:

Cerpen atau cerita pendek merupakan karya prosa fiksi dengan cerita yang padat, sehingga cerpen tidak memiliki banyak tokoh serta alur cerita.

Sudut pandang adalah bagaimana pandangan atau posisi pengarang dalam sebuah cerita.

Berikut jenis-jenis sudut pandang:

  1. Sudut Pandang Orang Pertama: pengarang terlibat langsung atau merupakan orang pertama dalam cerita. Ditandai dengan penggunaan kata ganti aku, saya, dan sebagainya.
     
  2. Sudut Pandang Orang Ketiga: pengarang tidak terlibat langsung dalam cerita. Ditandai dengan penggunaan kata ganti orang seperti dia, mereka, atau menggunakan nama tokoh.

Cara mengubah sudut pandang adalah dengan mengubah kata ganti. Berikut kutipan cerpen di atas setelah mengalami perubahan sudut pandang dari orang ketiga menjadi orang pertama:

Aku melangkahkan kaki dengan tergesa. Aku sudah terlambat 10 menit dari jadwal hari ini sehingga aku tertinggal bus jemputan. Aku perlu keluar dari gerbang dan mencari ojek. Hari ini semakin sial, tidak ada satupun ojek di pangkalan. Hari Senin seperti ini memang biasanya menjadi sangat sibuk, begitu pun tukang ojek.

Dengan demikian, cara mengubah sudut pandang adalah dengan mengubah kata ganti.undefined 

Roboguru

Cuplikan yang layak dijadikan cerpen adalah...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek atau yang dikenal dengan singkatan 'cerpen' merupakan sebuah teks yang biasanya menggambarkan atau menceritakan kisah fiktif dengan tema kehidupan sehari - hari. Berdasarkan penjelasan tersebut, cuplikan yang layak dijadikan cerpen adalah Lombok memiliki objek wisata yang memesona. Selain pantai Senggigi, ada tiga pulau yang juga tak kalah indahnya, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.undefined

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

Roboguru

Urutan kalimat agar menjadi cerita yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu. Antarkalimat pada suatu karya berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, urutan kalimat agar menjadi cerita yang padu adalah 1-3-4-5-2.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Penceritaan kembali yang menarik dari sebuah cerita adalah …

Pembahasan Soal:

Untuk menceritakan kembali sebuah cerita agar menarik kita harus memperhatikan penggunaan kata atau diksi. Jangan sampai kita terlalu bertele-tele. Dilihat dari pilihan jawaban, pilihan B menggunakan kalimat dan cara yang efektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

Roboguru

Ada beberapa pesawat sedang parkir di situ. Lalu pesawat itu berjalan seperti sebuah mobil. Sesaat kemudian sebuah pesawat dari atas mulai turun dan siap menyentuh landasan. Akhirnya, roda pesawat ...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Dalam cerpen, terdapat unsur-unsur pembangun yang berfungsi untuk merangkai suatu cerita.

Untuk memudahkan pengembangan tema menjadi cerita pendek, rumusan tema perlu diperinci menjadi topik-topik kemudian disusun berdasarkan alur untuk membuat rangkaian peristiwa secara kronologis atau urutan waktu.

Secara umum, jalan cerita atau rangkaian peristiwa di dalam suatu cerita terbagi ke dalam bagian-bagian berikut.

  1. Pengenalan situasi cerita
  2. Pengungkapan peristiwa
  3. Menuju pada adanya konflik
  4. Puncak konflik
  5. Penyelesaian

Secara kronologis, urutan kerangka karangan yang tepat adalah

  • (1) Ada beberapa pesawat sedang parkir di situ.
  • (3) Sesaat kemudian sebuah pesawat dari atas mulai turun dan siap menyentuh landasan.
  • (4) Akhirnya, roda pesawat itu menyentuh aspal hitam dan mengeluarkan suara ngiuk-ngiuk.
  • (2) Lalu pesawat itu berjalan seperti sebuah mobil.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved