Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2--5! [1] Air sangat penting dalam kehidupan. Tanpa air, semua makhluk hidup di bumi akan mati. Air tidak hanya berguna untuk meredakan rasa haus bagi makhluk hidup, tetapi bagi manusia, air bisa dimanfaatkan untuk mencuci dan menjadi sumber daya pembangkit listrik. [2] Jika kemarau panjang, tanah menjadi gersang karena kurangnya pasokan air yang masuk ke dalam tanah. Alhasil, ekosistem pun menjadi rusak. Banyak hewan dan tumbuhan yang mati karena kehausan. Banyaknya limbah industri juga membuat air semakin tercemar. [3] Namun, jika musim hujan datang, seringkali air juga menjadi “musuh” bagi manusia. Sudah banyak bencana banjir bandang atau tsunami yang terjadi di dunia yang menewaskan banyak manusia. Terjadinya banjir pun juga akibat dari ulah manusia yang senang menebang pohon dan membuang sampah di sungai. [4] Air adalah sumber kehidupan manusia. Itulah sebabnya kita harus menjaga kebersihan air, di mana pun itu. Tercemarnya air bisa membawa mikroorganisme jahat yang berbahaya bagi manusia. Langkah penghematan air juga perlu digalakkan agar krisis air bersih di beberapa daerah kecil tidak terjadi lagi.   Pencemaran air bisa berbahaya bagi manusia karena ....

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2--5!

[1] Air sangat penting dalam kehidupan. Tanpa air, semua makhluk hidup di bumi akan mati. Air tidak hanya berguna untuk meredakan rasa haus bagi makhluk hidup, tetapi bagi manusia, air bisa dimanfaatkan untuk mencuci dan menjadi sumber daya pembangkit listrik.

[2] Jika kemarau panjang, tanah menjadi gersang karena kurangnya pasokan air yang masuk ke dalam tanah. Alhasil, ekosistem pun menjadi rusak. Banyak hewan dan tumbuhan yang mati karena kehausan. Banyaknya limbah industri juga membuat air semakin tercemar.

[3] Namun, jika musim hujan datang, seringkali air juga menjadi “musuh” bagi manusia. Sudah banyak bencana banjir bandang atau tsunami yang terjadi di dunia yang menewaskan banyak manusia. Terjadinya banjir pun juga akibat dari ulah manusia yang senang menebang pohon dan membuang sampah di sungai.

[4] Air adalah sumber kehidupan manusia. Itulah sebabnya kita harus menjaga kebersihan air, di mana pun itu. Tercemarnya air bisa membawa mikroorganisme jahat yang berbahaya bagi manusia. Langkah penghematan air juga perlu digalakkan agar krisis air bersih di beberapa daerah kecil tidak terjadi lagi.

 

Pencemaran air bisa berbahaya bagi manusia karena ....

  1. pencemaran air bisa membawa mikroorganisme jahat

  2. kulit bisa menjadi iritasi akibat bersentuhan dengan air kotor

  3. manusia akan sulit memenuhi kebutuhan dasarnya

  4. hewan ternak yang dipelihara manusia bisa mati akibatnya

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan paragraf keempat, pencemaran air bisa membawa mikroorganisme jahat yang dapat membahayakan hidup manusia. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

 

48

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di bawah ini yang termasuk dalam ciri-ciri teks nonfiksi adalah ....

35

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia