Roboguru

Cermatilah kutipan resensi berikut!  Seperti pad...

Cermatilah kutipan resensi berikut! 


Seperti pada karya-karyanya yang lain, dalam novel Sekayu ini, N.H. Dini juga menggunakan gaya bahasa orang pertama, yakni menjadi salah satu tokoh; aku


Kutipan resensi tersebut membicarakan salah satu unsur intrinsik novel yaitu .... undefined 

  1. alurundefined 

  2. plotundefined 

  3. settingundefined 

  4. tokohundefined 

  5. sudut pandangundefined 

Jawaban:

Unsur intrinsik novel:

  1. Tema

    Unsur intrinsik yang sangat penting adalah ide atau gagasan utama dari sebuah novel. Tema berisikan gambaran luas tentang kisah yang akan diangkat sebagai cerita dalam novel. Sehingga sangat penting memikirkan tema, sebelum menulis novel.

  2. Penokohan

    Di dalam novel, dibutuhkan tokoh untuk mengisi cerita. Peran tokoh bisa dipilih, tokoh penting atau tidak. Hal itu sesuai dengan kisah di dalamnya.

  3. Alur atau plot

    Jika berbicara alur atau plot, tentunya berbicara juga tentang tubuh dari novel itu sendiri. Terdapat 3 jenis alur atau plot antara lain,

    Alur maju adalah alur peristiwa yang didalamnya bergerak secara urut (awal-akhir) dan memiliki jalan cerita yang rapi. Biasanya alur ini digunakan pada novel biografi atau autobiografi.

    Alur mundur alur peristiwa yang didalamnya bergerak secara loncat (awal-akhir-awal-akhir) dan terkadang tidak rapi.

  4. Setting

    Merupakan gambaran tentang peristiwa-peristiwa yang ada di dalam cerita. Latar termasuk unsur pembangun cerita yang vital. Keberadaannya sangat penting untuk membangun suasana dalam cerita.

    Latar sendiri dibagi menjadi beberapa macam seperti waktu, tempat, sosial budaya, keadaan lingkungan, dan suasana.

  5. Sudut pandang atau point of view

    Merupakan cara pengarang menempatkan dirinya dalam sebuah cerita. Dapat juga diartikan sebagai cara pandang seorang pengarang dalam menyampaikan cerita novelnya.

    Sudut pandang sendiri dibagi menjadi tiga macam, antara lain sudut pandang orang ketiga (serba tahu), yaitu menempatkan sang pengarang menjadi pelaku cerita dan sekaligus penciptanya. Sehingga pengarang bisa mengarahkan, membuat, mengomentari bahkan berdialog dalam cerita.

    Sudut pandang orang ketiga (sebagai pengamat). Menempatkan pengarang hanya sebagai penagamat cerita. Sehingga pengarang hanya akan meyampaikan apa yang dilihat, dirasakan, didengar, dan disimpulkannya dalam cerita.

    Sudut pandang orang pertama (sebagai pelaku utama). Pengarang dalam sudut pandang ini berperan sebagai tokoh utama dalam cerita. Sehingga apa yang diceritakannya adalah pengalaman yang dirasakannya di dalam cerita. Biasanya menggunakan kata ganti aku, saya. 

  6. Gaya bahasa

    Unsur intrinsik yang penting sebagai faktor pemicu minat baca. Gaya bahasa dapat dikatakan sebagai senjata utama pengarang untuk menghidupkan cerita.

  7. Amanat

    Merupakan pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui ceritanya dalam novel. Amanat ini biasanya berisikan tentang kritik sosial, ajakan, protes, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penjabaran di atas, maka kutipan resensi di atas membicarakan mengenai sudut pandang pengarang. Hal ini dibuktikan dengan kalimat N.H. Dini juga menggunakan gaya bahasa orang pertama, yakni menjadi salah satu tokoh; aku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved