Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati tabel di bawah ini! Berdasarkan data tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini: Bagaimana perbandingan titik didih antara larutan glukosa 1 m dengan glukosa 2 m? Jelaskan mengapa demikian?

Cermati tabel di bawah ini!
 


 

Berdasarkan data tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini:

Bagaimana perbandingan titik didih antara larutan glukosa 1 m dengan glukosa 2 m? Jelaskan mengapa demikian?

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jadi, titik didih larutan glukosa 2 m lebih tinggi dibandingkan larutan glukosa 1 m karena larutan glukosa 2 m memiliki jumlah partikel terlarut lebih banyak. Berdasarkan data pada tabel, titik didih larutan glukosa 2 m lebih tinggi dibandingkan dengan larutan glukosa 1 m. Selisih titik didih larutan dengan titik didih pelarut atau yang disebut kenaikan titik didih larutan ( △ T b ​ ).Penambahan suatu zat ke dalam pelarut (misalnya air) akan menyebabkan kenaikan titik didih. Zat terlarut dalam larutan menghalangi gerakan molekul-molekul pelarut untuk merenggangkan jarak antarpartikel (perubahan fase cair menjadi gas) pada saat mendidih. Semakin banyak partikel zat terlarut yang menghalangi (ditunjukkan oleh konsentrasi molalitas), maka akan semakin sulit larutan tersebut mencapai titik didihnya. Dengan kata lain, semakin banyak jumlah partikel zat terlarut, semakin tinggi titik didihnya.

Jadi, titik didih larutan glukosa 2 m lebih tinggi dibandingkan larutan glukosa 1 m karena larutan glukosa 2 m memiliki jumlah partikel terlarut lebih banyak.

Berdasarkan data pada tabel, titik didih larutan glukosa 2 m lebih tinggi dibandingkan dengan larutan glukosa 1 m. Selisih titik didih larutan dengan titik didih pelarut atau yang disebut kenaikan titik didih larutan (). Penambahan suatu zat ke dalam pelarut (misalnya air) akan menyebabkan kenaikan titik didih. Zat terlarut dalam larutan menghalangi gerakan molekul-molekul pelarut untuk merenggangkan jarak antarpartikel (perubahan fase cair menjadi gas) pada saat mendidih. Semakin banyak partikel zat terlarut yang menghalangi (ditunjukkan oleh konsentrasi molalitas), maka akan semakin sulit larutan tersebut mencapai titik didihnya. Dengan kata lain, semakin banyak jumlah partikel zat terlarut, semakin tinggi titik didihnya.

Latihan Bab

Pendahuluan Sifat Koligatif

Penurunan Titik Beku

Kenaikan Titik Didih

Penurunan Tekanan Uap

1rb+

nisa

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambar berikut merupakan model gambar partikel zat terlarut dan pelarut. Larutan manakah yang memiliki titik didih paling tinggi?

547

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia