Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati puisi berikut! Barang siapa putus asa pasti Allah akan murka Barang siapa menuntut ilmu tiada manusia yang akan menipu Dilihat dari segi bentuknya puisi tersebut termasuk ....

Cermati puisi berikut!


Barang siapa putus asa pasti Allah akan murka
Barang siapa menuntut ilmu tiada manusia yang akan menipu


Dilihat dari segi bentuknya puisi tersebut termasuk .... 

  1. pantunundefined 

  2. syairundefined 

  3. gurindamundefined 

  4. talibunundefined 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan segi bentuknya, puisi terbagi menjadi: Pantun adalah salah satu macam-macam puisi lama yang populer hingga kini dan dikenal luas oleh masyarakat. Ciri khas pantun adalah bersajak a-b-a-b, 1 bait terdiri dari 4 baris, setiap baris terdapat 8 sampai 12 kata dan 2 baris awal merupakan sampiran, 2 baris berikutnya adalah isi. Syair merupakan karya sastra yang berasal dari budaya Arab. Ciri khas dari syair terdiri dari 4 baris dengan sajak a-a-a-a, syair hanya mempunyai isi tidak mempunyai sampiran. Syair biasanya berisi tentang sebuah cerita dengan nasihat di dalamnya. Gurindam merupakan puisi lama yang berisi tentang suatu nasehat dengan aturan memiliki 2 baris dan bersajak a-a. Talibun adalah pantun yang lebih panjang dari pantun pada umumnya. Memiliki baris yang lebih panjang seperti 6baris, 8 baris, 10 baris dan seterusnya. Analisis bentuk puisi di atas, yaitu terdiri dari 2 baris dan Isinya tentang sebuah nasihat kepada manusia untuk tidak putus asa dan harus mempunyai ilmu agar tidak tertipu dan menipu karena ia tau bahwa menipu itu salah. Berdasarkan hasil analisis bentuk puisi tersebut, maka dilihat dari segi bentuknya puisi itu termasuk gurindam. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Berdasarkan segi bentuknya, puisi terbagi menjadi:
 

  • Pantun adalah salah satu macam-macam puisi lama yang populer hingga kini dan dikenal luas oleh masyarakat. Ciri khas pantun adalah bersajak a-b-a-b, 1 bait terdiri dari 4 baris, setiap baris terdapat 8 sampai 12 kata dan 2 baris awal merupakan sampiran, 2 baris berikutnya adalah isi.
  • Syair merupakan karya sastra yang berasal dari budaya Arab. Ciri khas dari syair terdiri dari 4 baris  dengan sajak a-a-a-a, syair hanya mempunyai isi tidak mempunyai sampiran. Syair biasanya berisi tentang sebuah cerita dengan nasihat di dalamnya.
  • Gurindam merupakan puisi lama yang berisi tentang suatu nasehat dengan aturan memiliki 2 baris dan bersajak a-a.
  • Talibun adalah pantun yang lebih panjang dari pantun pada umumnya. Memiliki baris yang lebih panjang seperti 6baris, 8 baris, 10 baris dan seterusnya.


Analisis bentuk puisi di atas, yaitu terdiri dari 2 baris dan Isinya tentang sebuah nasihat kepada manusia untuk tidak putus asa dan harus mempunyai ilmu agar tidak tertipu dan menipu karena ia tau bahwa menipu itu salah. Berdasarkan hasil analisis bentuk puisi tersebut, maka dilihat dari segi bentuknya puisi itu termasuk gurindam.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Raffa Subhan

Makasih ❤️

rafi 1224

Pembahasan lengkap banget

MOCH LUKMAN HAKIM

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agar menjadi gurindam yang utuh, baris kedua gurindam tersebut harus dilengkapi dengan ......

1

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia