Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati penjelasan berikut! Kumpulan cerpen Hujan kepagian terdiri atas enam buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang dicerikatan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serbaheroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan saat menjadi anggota tentara pelajar. Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini, antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan. Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami. Disadur dari: http://candycoffin.blogspot.co.id/2014/09/contoh-resensi-buku.html, diunduh 8 Februari 2018 Kalimat resensi yang tepat menyatakan keunggulan isi buku sesuai penjelasan tersebut adalah ...

Cermati penjelasan berikut!

Kumpulan cerpen Hujan kepagian terdiri atas enam buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang dicerikatan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serbaheroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan saat menjadi anggota tentara pelajar. Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik.

Dalam buku ini, antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan. Isi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami.

Disadur dari: http://candycoffin.blogspot.co.id/2014/09/contoh-resensi-buku.html, diunduh 8 Februari 2018

Kalimat resensi yang tepat menyatakan keunggulan isi buku sesuai penjelasan tersebut adalah ...

  1. Buku Hujan kepagian merupakan cerita nonfiksi karena pengarang mengisahkan kesaksian tentang revolusi kemerdakaan yang telah dialami oleh pengarang itu sendiri.

  2. Buku Hujan kepagian menggunakan bahasa sederhana, tetapi memikat. Selain itu, kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami

  3. Salah satu karya sastra di Indonesia yang menampilkan kisah-kisah sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang itu sendiri adalah Hujan Kepagian

  4. Buku Hujan kepagian memiliki amanat mengajak pembaca terutama generasi muda untuk tetap berjuang mempertahanakan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik.

     

  5. Dalam buku Hujan kepagian pengarang sering menggunakan beberapa kosakata Belanda sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keunggulan yang sesusai terdapat pada pilihan jawaban B.

keunggulan yang sesusai terdapat pada pilihan jawaban B.

Iklan

Pembahasan

Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan isi buku pada teks resensi tersebut yaitu lsi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami . Jadi, keunggulan yang sesusai terdapat pada pilihan jawaban B.

Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan isi buku pada teks resensi tersebut yaitu lsi ceritanya sangat unik dan menarik. Bahasa yang digunakan pengarang sederhana, tetapi memikat. Kalimat-kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami. Jadi, keunggulan yang sesusai terdapat pada pilihan jawaban B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

56

Nendang Lestari

Bagus banget sangat membantu

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan wacana berikut! Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak-anak it sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaat jika anak it...

185

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia