Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan teks berikut! (1) Jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah tampaknya dari hari ke hari akan terus naik. (2) Dari data Kementerian Soial jumlah anak Jalanan pada tahun 1997 masih sekitar 36.000, sekarang menjadi sekitar 232.894. (3) Kenaikan itu dapat dilihat secara kasat mata di perempatan jalan ibu kota maupun dikota kecil. (4) Dengan sangat mudah kita dapat menjumpai lelaki atau perempuan meminta-minta atau mengamen. (5) Fenomena anak jalanan seperti itu sebelum tahun 2000 hanya bisa dilihat di kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya. Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...

Cermati kutipan teks berikut!

(1) Jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah tampaknya dari hari ke hari akan terus naik. (2) Dari data Kementerian Soial jumlah anak Jalanan pada tahun 1997 masih sekitar 36.000, sekarang menjadi sekitar 232.894. (3) Kenaikan itu dapat dilihat secara kasat mata di perempatan jalan ibu kota maupun dikota kecil. (4) Dengan sangat mudah kita dapat menjumpai lelaki atau perempuan meminta-minta atau mengamen. (5) Fenomena anak jalanan seperti itu sebelum tahun 2000 hanya bisa dilihat di kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya.

 

Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor...

  1. (1) dan (2 )

  2. (1) dan (3)

  3. (1) dan (4)

  4. (2) dan (4)

  5. (2) dan (5)

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Opini adalah suatu pendapat, gagasan, ide atau pemikiran dari seseorang yang tidak pasti kebenaranya dan berbeda-beda pendapat dari 1 orang ke orang lain. Opini yang terdapat pada kaliamat tersebut pada nomor (1), dan (4). Karena kalimat (1) jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah “Tampaknya” dari hari ke hari akan terus naik. kata “tampaknya” dalam paragraf (1) menukjukan bahwa kalimat tersebut adalah Opini. Kalimat (4). dikatakan Opini karana tidak semua orang mengatakan kita akan mudah menjumpai lelaki atau perempuan yang meminta-minta atau pengamen.

Opini adalah suatu pendapat, gagasan, ide atau pemikiran dari seseorang yang tidak pasti kebenaranya dan berbeda-beda pendapat dari 1 orang ke orang lain. Opini  yang terdapat pada kaliamat tersebut pada nomor (1), dan (4). Karena kalimat (1) jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah “Tampaknya” dari hari ke hari akan terus naik. kata “tampaknya” dalam paragraf (1) menukjukan bahwa kalimat tersebut adalah Opini. Kalimat (4). dikatakan Opini  karana tidak semua orang mengatakan kita akan mudah menjumpai lelaki atau perempuan yang meminta-minta atau pengamen.

Latihan Bab

Mengenal Teks Artikel

Kebahasaan Teks Artikel

Menganalisis Teks Artikel

Menyusun Teks Artikel

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah penggalan tajuk rencana berikut! (1) Badan kependudukan PBB atau United Nations Populations Fund (UNPF, dulu UNFPA), Rabu 27 Juli 2007, menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2) L...

118

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia