Roboguru

Cermati beberapa peristiwa gerak pada tumbuhan berikut! Gerak spermatozoid pada tumbuhan lumut menuju sel telur di dalam arkegonium. Gerak membukanya stomata pada siang hari. Gerak mekarnya bunga pukul empat pada sore hari. Jenis gerak yang terjadi pada peristiwa-peristiwa tersebut secara berurutan adalah . . . .

Pertanyaan

Cermati beberapa peristiwa gerak pada tumbuhan berikut!

  1. Gerak spermatozoid pada tumbuhan lumut menuju sel telur di dalam arkegonium.
  2. Gerak membukanya stomata pada siang hari.
  3. Gerak mekarnya bunga pukul empat pada sore hari.

Jenis gerak yang terjadi pada peristiwa-peristiwa tersebut secara berurutan adalah . . . .space space 

  1. space space 

  2. space space 

  3. space space 

Pembahasan Soal:

Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak higroskopis, gerak etionom, dan gerak endonom (autonom). Selanjutnya, berdasarkan hubungan antara arah respon gerakan dengan asal rangsangan, gerak etionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis.

  • Gerak tropisme, yaitu gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, tropisme dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu geotropisme (gravitasi), fototropisme (cahaya), tigmotropisme (sentuhan), kemotropisme (kimia), termotropisme (suhu), dan hidrotropisme (air). Contoh gerak tropisme yaitu gerak ujung batang tumbuhan membelok ke arah datangnya cahaya (gerak fototropisme).
  • Gerak nasti, yaitu gerak tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri, misalnya karena perubahan tekanan turgor. Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibagi menjadi tigmonasti (sentuhan), fotonasti (cahaya), niktinasti (pengaruh gelap), termonasti (suhu), dan nasti kompleks (disebabkan beberapa faktor sekaligus). Contohnya yaitu gerak fotonasti, berupa gerakan mekarya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) di sore hari. Selain itu, misalnya juga pada gerak nasti kompleks yaitu gerak membuka dan menutupnya stomata pada daun.
  • Gerak taksis, yaitu gerak seluruh tubuh atau bagian dari tubuh tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi rangsangan. Dibedakan menjadi fototaksis (cahaya), kemotaksis (zat kimia), dan galvanotaksis (arus listrik). Contoh gerak taksis, yaitu pada sel gamet tumbuhan lumut. Gamet jantan bergerak menuju gamet betina. Pergerakan ini terjadi karena adanya zat kimia pada gamet betina (kemotaksis).space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangkanlah pernyataan berikut dengan jawaban di dalam kotak. Gerak stomata.

Pembahasan Soal:

Gerak stomata yang tergolong gerak nasti kompleks tersebut disebabkan oleh faktor yang mempengaruhinya terdapat lebih dari satu faktor. Gerak Nasti Kompleks adalah gerakan tumbuhan akibat rangsangan yang diterima lebih dari satu macam. Contoh gerak tumbuhan lainnya seperti gerakan membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu, dan zat kimia (protein dan gula) adalah contoh gerak nasti kompleks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (i) Nasti kompleks.

0

Roboguru

Jelaskan gerak nasti kompleks pada stomata.

Pembahasan Soal:

Gerak nasti kompleks pada stomata yakni gerak membuka menutupnya sel penutup pada stomata yang disebabkan adanya perubahan tugor pada sel tersebut dengan adanya kerja sama berbagai faktor lain yg mengakibatkan terjadinya gerak.

0

Roboguru

Gerak esionom yang gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan adalah ..

Pembahasan Soal:

Gerak esionom  terbagi menjadi 3 jenis yaitu gerak nasti, tropisme, dan juga taksis. Gerak nasti adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme adalah gerak tumbuhnya  tumbuhan yang dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Sedangkan gerak taksis merupakan gerak bagian tertentu pada tumbuhan yang menyebabkan perpindahan tempat serta dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 5 macam gerak esionom dan disertai contohnya.

Pembahasan Soal:

Gerak etionom (esionom) merupakan gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan luar. Rangsangan dari luar dapat berupa rangsangan fisik, kimia, dan mekanis. Rangsangan fisik, misalnya suhu, cahaya, dan gravitasi. Contoh rangsangan kimia adalah kadar racun dan pupuk, sedangkan contoh rangsangan mekanis adalah sentuhan dan tiupan angin. Gerak esionom dibedakan menjadi gerak tropisme, nasti, dan taksis.

Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Gerak nasti disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan tumbuhan. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak nasti dibedakan menjadi tigmonasti, fotonasti, niktinasti, termonasti, dan nasti kompleks.

  1. Tigmonasti (seismonasti): gerak nasti yang terjadi akibat adanya rangsangan sentuhan. Contohnya adalah menguncupnya daun putri malu pada saat disentuh.
  2. Niktinasti: gerak nasti yang terjadi karena pengaruh gelap. Contohnya adalah merunduknya daun-daun anggota famili Leguminosae pada sore hari.
  3. Fotonasti: gerak nasti yang terjadi karena adanya pengaruh rangsangan cahaya. Contohnya adalah gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa).
  4. Termonasti: gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Contohnya adalah mekarna bunga tulip ketika musim semi.
  5. Nasti kompleks: gabungan dari beberapa gerak nasti, seperti gerak stomata yang merupakan gabungan dari fotonasti, kemonasti, termonasti, dan hidronasti. 

0

Roboguru

Gerakan membuka dan menutupnya stomata disebabkan oleh aktivitas dari gerakan ...

Pembahasan Soal:

Stomata  merupakan bagian dari tumbuhan yang berbentuk celah dan banyak terdapat pada daun. Stomata dikelilingi oleh dua sel penjaga. aktivitas gerakan dari sel-sel penjaga menyebabkan stomata dapat membuka dan menutup.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved