Roboguru

Cat tembok sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung senyawa kimia, salah satu diantaranya cat berwarna putih. Senyawa kimia yang terkandung dalam cat putih tersebut adalah….

Pertanyaan

Cat tembok sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung senyawa kimia, salah satu diantaranya cat berwarna putih. Senyawa kimia yang terkandung dalam cat putih tersebut adalah….

  1. V subscript 2 O subscript 5 

  2. Cr 

  3. Ti Cl subscript 3 

  4. Fe 

  5. Ti O subscript 2 

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur transisi periode 4 memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai berikut.

  • Ti O subscript 2 (titanium dioksida) adalah pigmen putih, selain itu dapat memberikan sifat cemerlang pada warna lain. Senyawa ini dapat digunakan untuk cat tembok.
  • V subscript 2 O subscript 5 sebagai katalisator menggunakan proses Kontak
  • Cr untuk bahan pelapis besi atau alloy dalam baja
  • Fe untuk bahan bangunan, bahan pembuatan mesin
  • Ti Cl subscript 3 sebagai katalisator untuk polimerisasi etena menjadi polietena.

Jadi, bahan pemberi warna putih pada cat tembok adalah Ti O subscript 2.

 Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu unsur logam transisi periode ke-4 yang memiliki manfaat sebagai implan gigi adalah ....

Pembahasan Soal:

Implan gigi adalah sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi, sebagai pengganti akar gigi yang tanggal, yang kemudian berfungsi untuk menahan gigi pengganti. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau rahang bawah, kemudian akan menyatu dengan tulang setelah beberapa bulan. Berikut ini adalah gambaran dari implan gigi.
 


 

Implan gigi titanium biasanya terbuat dari titanium alloy yang merupakan kombinasi dari beberapa logam termasuk aluminium, vanadium dan nikel. Titanium telah digunakan di industri medis karena titanium adalah logam yang kuat, ringan, tidak beracun dan tahan korosi. Selain untuk implan gigi, titanium juga biasa digunakan untuk penggantian tulang pinggul dan lutut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Apakah manfaat logam titanium dalam bidang kesehatan?

Pembahasan Soal:

Titanium sering digunakan sebagai paduan logam dengan karakteristik kuat meskipun berada pada suhu tinggi, ringan, tahan korosi, dan kemampuannya menahan suhu ekstrim. Selain digunakan sebagai paduan logam, titanium juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Dalam bidang kesehatan, titanium digunakan untuk membuat pinggul dan lutut buatan, serta pen untuk memperbaiki tulang yang patah.

Dengan demikian, titanium dapat digunakan dalam bidang kesehatan untuk membuat bagian tubuh buatan seperti pinggul dan lutut dan memperbaiki tulang yang patah.

Jadi, titanium dalam bidang kesehatan digunakan untuk membuat pinggul dan lutut buatan, serta pen untuk memperbaiki tulang patah.

Roboguru

Salah satu unsur logam transisi periode ke-4 dalam bentuk senyawa yang memiliki manfaat sebagai pigmen cat warna putih, reflector inframerah, dan tabir surya adalah…

Pembahasan Soal:

Titanium dalam bentuk senyawa mempunyai banyak manfaat, salah satunya yaitu titanium (IV) oksida (Ti O subscript size 12px 2 ), dimana undefined  ini digunakan untuk pigmen cat warna putih, reflector inframerah, dan yang menarik ternyata TiO2 ini juga digunakan pada campuran kosmetik untuk tabir surya (sunblock) yang biasa kita gunakan sehari-hari agar kulit kita terlindungi dari sinar ultraviolet.

Roboguru

Bagaimana kelimpahan titanium di alam? Jelaskan beserta mineral yang mengandung unsur titanium!

Pembahasan Soal:

Titanium (Ti) merupakan salah satu unsur transisi periode empat. Di alam sebagian besar unsur transisi ditemukan dalam bentuk senyawa oksida dan sulfida.

Kelimpahan titanium di kulit bumi cukup banyak, yaitu sekitar 0,6%. Selain rutil open parentheses Ti O subscript 2 close parentheses dan ilmenit open parentheses Fe Ti O subscript 3 close parentheses, mineral yang mengandung titanium yaitu perovskite open parentheses Ca Ti O subscript 3 close parentheses dan titanit open parentheses Ca Ti O Si O subscript 4 close parentheses.

Jadi, kelimpahan titanium di alam adalah sekitar 0,6%. Mineral-mineral yang mengandung titanium yaitu rutil open parentheses Ti O subscript 2 close parentheses, ilmenit open parentheses Fe Ti O subscript 3 close parentheses, perovskite open parentheses Ca Ti O subscript 3 close parentheses dan titanit open parentheses Ca Ti O Si O subscript 4 close parentheses.space 

Roboguru

Bagaimana logam titanium (Ti) diperoleh dari bijihnya?

Pembahasan Soal:

Titanium diperoleh dari bijihnya seperti ilminite, rutile, anatase. Pengolahan logam titanium sedikit berbeda, tergantung jenis bijihnya. Pengolahan logam titanium sebagai berikut.

  • Logam titanium dari bijih ilminite diolah dengan metode fluorinasi.
  • Logam titanium dari rutile dan anatase dilakukan dengan cara reduksi menggunakan aluminium yang selanjutnya akan diiodinasi dari produk reduksi.

Dengan demikian, logam titanium diperoleh berdasarkan proses pengolahan bijihnya masing-masing yakni dengan metode fluorinasi, reduksi dan iodinasi.

Jadi, logam titanium diperoleh dari bijih ilminite, rutile, anatase dengan menggunakan metode  fluorinasi dan reduksi bijihnya.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved