Roboguru

Carilah pengertian kebijakan fiskal menurut para ahli ekonomi lainnya, kemudian buatlah kesimpulan mengenai pengertian kebijakan fiskal!

Pertanyaan

Carilah pengertian kebijakan fiskal menurut para ahli ekonomi lainnya, kemudian buatlah kesimpulan mengenai pengertian kebijakan fiskal!space 

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal menurut para ahli, yaitu:

  1. Menurut Alam menyatakan kebijakan fiskal merupakan kebijakan yang menyesuaikan pengeluaran dan penerimaan pemerintah untuk memperbaiki kondisi ekonomi.
  2. Menurut Ahman. Kebijakan fiskal merupakan kebijakan dalam ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengendalikan atau mengarahkan perekonomian ke arah yang lebih baik.
  3. Menurut Tim Visi Adiwidya. Kebijakan fiskal ialah kebijakan yang dibuat oleh suatu pemerintah untuk mengarahkan ekonomi negara melalui pendapatan dan pengeluaran negara, pendapatan tersebut berupa pajak.
  4. Menurut Haryadi. Menyatakan kebijakan fiskal merupakan kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengarahkan perekonomian suatu negara ke arah yang lebih baik atau sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah.
  5. Menurut Zain. Instrumen yang digunakan untuk kebijakan fiskal yaitu pengeluaran pemerintah dan pajak. Menyatakan pajak adalah pungutan yang dilakukan oleh negara, baik pemerintah pusat maupun daerah yang diatur oleh undang-undang untuk pembiayaan umum dari pemerintah dalam rangka menjalan fungsi pemerintah dan tidak mengandung unsur imbalan individual oleh pemerintah terhadap pembayaran pajak.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Uliya

Mahasiswa/Alumni UIN Sultan Syarif Kasim

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nama lain dari kebijakan fiskal adalah ….

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal dapat juga disebut kebijakan anggaran. Hal tersebut karena sasaran utama kebijakan fiskal adalah anggaran negara. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Roboguru

Mengalokasikan faktor-faktor produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah ? ....

Pembahasan Soal:

Fungsi alokasi adalah fungsi utama yang menentukan dengan tepat bagaimana dana akan dialokasikan. Hal ini erat kaitannya dengan masalah perpajakan dan pengeluaran karena alokasi dana tergantung pada pengumpulan pajak dan pemerintah menggunakan pendapatan untuk tujuan tertentu. 

0

Roboguru

Kebijakan  yang digunakan pemerintah dalam menyusun APBN disebut juga dengan ...

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal adalah kebijakan ekonomi untuk mengelola perekonomian ke dalam kondisi yang lebih baik dengan cara menyesuaikan APBN.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Untuk mengerem laju inflasi pemerintah mengeluarkan ketetapan menaikkan pajak penghasilan agar pengeluaran konsumsi masyarakat berkurang sehingga tidak mendorong kenaikan harga-harga barang. Tindakan ...

Pembahasan Soal:

Kebijakan fiskal adalah langkah pemerintah dengan mengurangi atau menambah pengeluaran negara melalui pajak dan APBN. Saat terjadi inflasi pemerintah akan mengurangi pengeluaran negara dan menaikkan pajak. Tujuannya, agar konsumsi berkurang dan tidak mendorong harga barang melaju meningkat secara terus menerus.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter ? Apa yang membedakan kebijakan fiskal dan kebijakan moneter?

Pembahasan Soal:

Kebijakan ekonomi terbagi menjadi dua yakni kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah terkait anggaran dan penerimaan pemerintah. Tujuan kebijakan fiskal adalah untuk menstabilkan perekonomian terutama mengatasi inflasi. Pelaku kebijakan fiskal adalah kementerian keuangan. Sedangkan kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah terkait mengatur jumlah uang beredar. Sama seperti kebijakan fiskal, tujuan kebijakan moneter juga untuk menstabilkan perekonomian terutama mengatasi inflasi. Pelaku kebijakan moneter adalah Bank Indonesia.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved