Roboguru

Carilah dari berbagai sumber dan literatur mengenai perkembangan perdagangan antar pulau dan antar negara yang dilakukan di Indonesia!

Pertanyaan

Carilah dari berbagai sumber dan literatur mengenai perkembangan perdagangan antar pulau dan antar negara yang dilakukan di Indonesia!  

  1. ....  

  2. ....  

Pembahasan Soal:

Perkembangan perdagangan antara pulau di Indonesia yaitu Pulau Sumatra dan Pulau Jawa terletak bersebrangan yang di batasi oleh Selat Sunda. Pulau Sumatra merupakan satu-satunya pulau penghasil Komoditas kopi terbesar. Daerah yang paling terkenal dengan kopinya adalah Aceh, Gayo, dan Lampung. Mengingat bahwa pulau Jawa tidak memiliki perkebunan kopi sama sekali. Maka terjadilah perdagangan Komoditas kopi antara pulau yakni pulau Sumatra ke Pulau Jawa. Perdagangan ini telah terjadi sejak bertahun tahun yang lalu dan terus berlanjut hingga kini dan mengedepankan prinsip ekonomi manjerial . Selain itu terdapat pula perdagangan antara pulau kalimantan dengan pulau jawa dengan komoditas cengkeh. Komoditas cinderamata juga mnjadi perdagangan antar pulau antara pulau Bali dengan pulaunlainnya di Indonesia. Perdagangan emas juga dilakukan oleh pulau papua dengan pulau kalimantan.Pulau jawa yang sebagai pusat tekstil, mengirim tekstil ke seluruh pulau yang ada di Indonesia, namun pulau sumatera sebagai tujuan utama.

Selain perdagangan antar pulau, Indonesia juga melakukan perdagangan antar negara. Perkembangan perdagangan antar negara yang dilakukan Indonesia sudah ada bahkan saat masa penjajahan. Komoditas yang sering diperdagangkan dari dalam negeri ke luar negeri adalah rempah-rempah. Perdagangan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia rata-rata adalah elektronik.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 15 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved