Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cacing tanah, katak, dan ikan memiliki sistem sirkulasi darah yang disebut ....

Cacing tanah, katak, dan ikan memiliki sistem sirkulasi darah yang disebut ....space 

Iklan

N. Fakhirah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Cacing tanah, katak, dan ikan memiliki sistem sirkulasi darah yang disebut peredaran darah tertutup. Cacing tanah (Filum Annelida) memiliki sistem peredaran darah tertutup, yaitu darah mengalir di dalam pembuluh darah. Terdapat dua pembuluh darah utama, yaitu pembuluh darah dorsal dan pembuluh darah ventral yang sejajar dengan saluran pencernaan. Pembuluh darah dapat berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah Annelida mengandung protein pengikat oksigen (hemoglobin) sehingga berwarna merah. Ada pula darah yang berwarna kehijauan karena mengandung protein klorokruorin. Ikan / pisces (Filum Chordata) memiliki sistem peredaran darah tertutup tunggal, yaitu dalam satu kali peredaran, darah hanya satu kali melalui jantung. Jantung ikan terdiri atas dua ruangan, yaitu satu ventrikel dan satu atrium. Katak (Filum Amphibia) memiliki sistem peredaran darah tertutup ganda, artinya darah dua kali melewati jantung dalam satu kali peredaran darah. Jantung Amphibia terdiri atas tiga ruangan, yaitu satu ventrikel dan dua atrium.

Cacing tanah, katak, dan ikan memiliki sistem sirkulasi darah yang disebut peredaran darah tertutup.

Cacing tanah (Filum Annelida) memiliki sistem peredaran darah tertutup, yaitu darah mengalir di dalam pembuluh darah. Terdapat dua pembuluh darah utama, yaitu pembuluh darah dorsal dan pembuluh darah ventral yang sejajar dengan saluran pencernaan. Pembuluh darah dapat berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah Annelida mengandung protein pengikat oksigen (hemoglobin) sehingga berwarna merah. Ada pula darah yang berwarna kehijauan karena mengandung protein klorokruorin.

Ikan / pisces (Filum Chordata) memiliki sistem peredaran darah tertutup tunggal, yaitu dalam satu kali peredaran, darah hanya satu kali melalui jantung. Jantung ikan terdiri atas dua ruangan, yaitu satu ventrikel dan satu atrium.

Katak (Filum Amphibia) memiliki sistem peredaran darah tertutup ganda, artinya darah dua kali melewati jantung dalam satu kali peredaran darah. Jantung Amphibia terdiri atas tiga ruangan, yaitu satu ventrikel dan dua atrium.space 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

231

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar cacing berikut! Tuliskan nama filum hewan A dan B!

36

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia