Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks puisi berikut!
 

  1. Bayangkan: Akar-akar yang sabar menyusup dan menjalar
  2. Hujan pun turun setiap bumi hampir hangus terbakar
  3. Dan mekarlah bunga itu pelahan-lahan
  4. Dengan gaib, dari rahim Alam.


(Petikan puisi Sonet: Hei! Jangan Kau Patahkan, Sapardi Djoko Damono)space  

Bunga dalam puisi di atas melambangkan ....

Bunga dalam puisi di atas melambangkan ....space  

  1. wanitaspace  

  2. bayispace  

  3. sesuatu yang baruspace  

  4. harapanspace  

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.

jawaban yang benar adalah pilihan D.space  

Iklan

Pembahasan

Puisi adalah karya sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh dengan makna. Secara umum, sebuah teks puisi mengandung unsur fisik dan unsur batin. Adapun unsur fisik teks puisi terdiri atas (1) diksi: pilihan kata yang digunakan dalam puisi; (2) kata konkret: kata yang dapat ditangkap dengan indra yang memungkinkan munculnya imaji; (3) imaji/citraan: kata atau susunan kata yang dapat membuat pembaca/pendengar seolah-olah dapat mengindra (melihat, merasa, mendengar, dll.); (4) majas: bahasa kias yang digunakan penyair untuk mengungkapkan suatu makna secara tidak langsung; (5) rima: permainan bunyi pada awal, tengah, atau akhir larik puisi; dan (6) tipografi: bentuk fisik puisi yang berupa susunan baris yang khas. Pada unsur fisik diksi yaitu pemilihan kata terdapat jenis kata denotatif yang memiliki arti seperti di kamus dan jenis kata konotatif yang memiliki arti khusus, biasanya kata yang melambangkan suatu hal. Seperti pada kata bunga yang ada dalam puisi di atas memiliki makna konotatif yang melambangkan sebuah harapan. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Puisi adalah karya sastra hasil ungkapan pemikiran dan perasaan manusia yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh dengan makna. Secara umum, sebuah teks puisi mengandung unsur fisik dan unsur batin. Adapun unsur fisik teks puisi terdiri atas (1) diksi: pilihan kata yang digunakan dalam puisi; (2) kata konkret: kata yang dapat ditangkap dengan indra yang memungkinkan munculnya imaji; (3) imaji/citraan: kata atau susunan kata yang dapat membuat pembaca/pendengar seolah-olah dapat mengindra (melihat, merasa, mendengar, dll.); (4) majas: bahasa kias yang digunakan penyair untuk mengungkapkan suatu makna secara tidak langsung; (5) rima: permainan bunyi pada awal, tengah, atau akhir larik puisi; dan (6) tipografi: bentuk fisik puisi yang berupa susunan baris yang khas.

Pada unsur fisik diksi  yaitu pemilihan kata terdapat jenis kata denotatif yang memiliki arti seperti di kamus dan jenis kata konotatif yang memiliki arti khusus, biasanya kata yang melambangkan suatu hal. Seperti pada kata bunga yang ada dalam puisi di atas memiliki makna konotatif yang melambangkan sebuah harapan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tanah yang gersang, udara yang panas. Arti kata gersang pada penggalan puisi tersebut adalah ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia