Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bumi berotasi dengah sumbu miring sekira 23°30'. Jelaskan pengaruh sumbu rotasi Bumi yang miring terhadap gerak semu Matahari!

Bumi berotasi dengah sumbu miring sekira 23°30'. Jelaskan pengaruh sumbu rotasi Bumi yang miring terhadap gerak semu Matahari!

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bumi melakukan rotasi dengan kemiringan sumbu 23°30'. Sambil melakukan rotasi, bumi juga melakukan revolusi atau gerakan mengelilingi Matahari. Kemiringan rotasi tersebut, memberikan pengaruh terhadap penyinaran Matahari di Bumi. Hal ini lebih dirasakan dampaknya pada Belahan Bumi Utara (Kutub Utara) dan Belahan Bumi Selatan (Kutub Selatan). Pengaruh dari kemiringan tersebut yaitu terjadinya gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari ini yaitu Matahari yang seolah-olah bergerak dari utara ke selatan Bumi . Gerak semu ini mengakibatkan terjadinya perubahan musim di Bumi . Berikut merupakan rincian dari gerak semu tahunan Matahari. Pada tanggal 21 Maret Matahari berada diatas garis khatulistiwa hal ini dikenal sebagai kulminasi matahari. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator. Pada tanggal 21 Juni, Matahari berada di titik paling utara (garis balik utara) yakni pada lintang 23,5⁰LU . Pada saat ini hingga 23 September Matahari berada dibelahan bumi Utara. Sehingga, belahan bumi utara mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi selatan. Pada saat inilah belahan bumi utara mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Pada tanggal 23 September, Matahari kembali ke titik khatulistiwa dan mengalami kulminasi. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator. Pada tanggal 22 Desember, Matahari berada di titik paling selatan (garis balik selatan) yakni pada lintang 23,5⁰LS . Pada saat ini hingga 21 Maret, Matahari berada dibelahan bumi selatan. Sehingga, belahan bumi selatan mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi utara. Pada saat inilah belahan bumi selatan mengalami musim panas dan belahan bumi utara mengalami musim dingin.

Bumi melakukan rotasi dengan kemiringan sumbu 23°30'. Sambil melakukan rotasi, bumi juga melakukan revolusi atau gerakan mengelilingi Matahari. Kemiringan rotasi tersebut, memberikan pengaruh terhadap penyinaran Matahari di Bumi. Hal ini lebih dirasakan dampaknya pada Belahan Bumi Utara (Kutub Utara) dan Belahan Bumi Selatan (Kutub Selatan).

Pengaruh dari kemiringan tersebut yaitu terjadinya gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari ini yaitu Matahari yang seolah-olah bergerak dari utara ke selatan Bumi. Gerak semu ini mengakibatkan terjadinya perubahan musim di Bumi. Berikut merupakan rincian dari gerak semu tahunan Matahari. 

  1. Pada tanggal 21 Maret Matahari berada diatas garis khatulistiwa hal ini dikenal sebagai kulminasi matahari. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator.  
  2. Pada tanggal 21 Juni, Matahari berada di titik paling utara (garis balik utara) yakni pada lintang 23,5⁰LU. Pada saat ini hingga 23 September Matahari berada dibelahan bumi Utara. Sehingga, belahan bumi utara mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi selatan. Pada saat inilah belahan bumi utara mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. 
  3. Pada tanggal 23 September, Matahari kembali ke titik khatulistiwa dan mengalami kulminasi. Pada saat ini, waktu siang dibelahan bumi utara dan selatan sama. Matahari melintas tepat diatas kepala diwilayah ekuator.
  4. Pada tanggal 22 Desember, Matahari berada di titik paling selatan (garis balik selatan) yakni pada lintang 23,5⁰LS. Pada saat ini hingga 21 Maret, Matahari berada dibelahan bumi selatan. Sehingga, belahan bumi selatan mengalami waktu siang lebih lama dibandingkan belahan bumi utara. Pada saat inilah belahan bumi selatan mengalami musim panas dan belahan bumi utara mengalami musim dingin.

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan: pergantian musim di kedua belahan Bumi perbedaan waktu di muka Bumi perbedaan panjang siang dan malam pembelokan arah angin perederan semu harian benda-benda langit ...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia