Iklan

Iklan

Pertanyaan

Buku Gambang Jakarta karya Firman Muntaco adalah buku kumpulan cerpen. Cerpen-cerpen Firman sungguh merupakan potret zamannya. Kisah-kisah dalam buku ini menggambarkan kondisi sosial masyarakat Betawi oda masa itu. Bagaiman rumah tangga orang Betawi, bagaiman pandangan mereka terhadap tradisi, dan bagaimana mereka menghadapi zaman. Gaya penceritaan Firman memang khas Betawi. Sebagai bentuk ungkapan pertanggungjawaban putra Betawi, cerpennya pun ditulis dalam bahasa Betawi. Firman percaya bahasa Betawi yang paling tepat untuk menyatakan pikiran, kejiwaan, dan persaan tokoh-tokohnya. Dibalut dengan selera humor yang kuat, kelincahan yang memikatm dan kesinisan yang kadang mengundang senyum, cerpen-cerpen dalam "Gambang Jakarta" menjadi memukau Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku tersebut adalah ...

Buku Gambang Jakarta  karya Firman Muntaco adalah buku kumpulan cerpen. Cerpen-cerpen Firman sungguh merupakan potret zamannya. Kisah-kisah dalam buku ini menggambarkan kondisi sosial masyarakat Betawi oda masa itu. Bagaiman rumah tangga orang Betawi, bagaiman pandangan mereka terhadap tradisi, dan bagaimana mereka menghadapi zaman.

Gaya penceritaan Firman memang khas Betawi. Sebagai bentuk ungkapan pertanggungjawaban putra Betawi, cerpennya pun ditulis dalam bahasa Betawi. Firman percaya bahasa Betawi yang paling tepat untuk menyatakan pikiran, kejiwaan, dan persaan tokoh-tokohnya. Dibalut dengan selera humor yang kuat, kelincahan yang memikatm dan kesinisan yang kadang mengundang senyum, cerpen-cerpen dalam "Gambang Jakarta" menjadi memukau

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku tersebut adalah ...

  1. Buku Gambang Jakarta hanya memotret kondisi sosial masyarakat betawi pada masa tertentu dan tidak memiliki padangan orang Betawi secara umum.

  2. Firmna memakai gaya penceritaan yang khas tetapi kelincahannya dalam bercerita membuat karyanya menjadi memukau

  3. Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memaknai ceritanya karena banyak kosa kata yang sudah tidak digunakan saat ini.

  4. Kumpulan cerpen Gambang Jakarta mampu mengangkat kehidupan dan tradisi masyarakat Betawi dalam menghadapi tantangan zaman.

  5. Kumpulan cerpen karya Firman penuh dengan humor, bahkan menimbulkan kesinisan yang mengundang senyum pembaca.

Iklan

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Tujuan membuat resensi sebuah karya sastra adalah untuk menilai baik buruknya suatu karya di masyarakat.Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah (C) Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memahami ceritanya karena banyak kosakata yang sudah tidak digunakan saat ini. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelemahan cerpen tersebut, dengan adanya kata-kata seperti tidak memahami dan sulit.

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Tujuan membuat resensi sebuah karya sastra adalah untuk menilai baik buruknya suatu karya di masyarakat. Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah (C) Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memahami ceritanya karena banyak kosakata yang sudah tidak digunakan saat ini. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelemahan cerpen tersebut, dengan adanya kata-kata seperti tidak memahami dan sulit.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

101

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kelebihan buku yang terdapat dalam kutipan resensi buku tersebut terdapat dalam kalimat ....

51

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia