Roboguru

Pertanyaan

Buku Gambang Jakarta karya Fimian Muntaco adalah buku kumpulan cerpen. Cerpen-cerpen Firman sungguh merupakan potret zamannya. Kisah-kisah dalam buku ini menggambarkan kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa itu. Bagaimana rumah tangga orang Betawi, bagaimana pandangan mereka terhadap tradisi, dan bagaimana mereka menghadapi zaman.

Gaya penceritaan Firman memang khas Betawi. Sebagai bentuk ungkapan pertanggung jawaban putra Betawi, cerpennya pun ditulis dalam bahasa Betawi. Firman percaya bahasa Betawi yang paling tepat untuk menyatakan pikiran, kejiwaan, dan perasaan tokoh-tokohnya. Dibalut dengan selera humor yang kuat, kelincahan cerita yang memikat, dan kesinisan yang kadang mengundang senyum, cerpen-cerpen dalam “Gambang Jakarta" menjadi memukau.

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku tersebut adalah ...

  1. Buku Gambang Jakarta hanya memotret kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa tertentu dan tidak memiliki pandangan orang Betawi secara umum.

  2. Firman memakai gaya penceritaan yang khas tetapi kelincahannya dalam bercerita membuat karyanya menjadi memukau.

  3. Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memaknai ceritanya karena banyak kosa kata yang sudah tidak digunakan saat ini.

  4. Kumpulan cerpen Gambang Jakarta mampu mengangkat kehidupan dan tradisi masyarakat Betawi dalam menghadapi tantangan zaman.

  5. Kumpulan cerpen karya Firman penuh dengan humor, bahkan menimbukan kesinisan yang mengundang senyum pembaca.

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Tujuan membuat resensi sebuah karya sastra adalah untuk menilai baik buruknya suatu karya di masyarakat. Dalam meresensi sebuah karya, biasanya penulis mengutarakan kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra. Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah (C) Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memahami ceritanya karena banyak kosakata yang sudah tidak digunakan saat ini.  Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelemahan cerpen tersebut, dengan adanya kata-kata seperti tidak memahami dan sulit.

23

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tentukan bagian-bagian resensi pendek tersebut!

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia